PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH LUAR JARINGAN (PJJ LURING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Azizah Azizah, Abdul Rahman, Dikrawansa Ma'asi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jarak jauh luar jaringan terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Salumpaga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain one-group pre-test pos-test design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 2 Salumpaga. Pengambilan data menggunakan instrumen angket. Analisis data menggunakat uji t. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pretest 48,73 dan posttest sebesar 50,68. Berdasarkan  hasil uji t diperoleh nilai signifikasi (0,122) ≥ 0,05 maka Ho diterima, artinya bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata angket minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran jarak jauh luar jaringan atau tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran jarak jauh luar jaringan. Pada masa pendemi Covid-19, siswa melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah, akan tetapi dengan menggunakan model pembelajaran jarak jauh luar jaringan ini dimana guru membuat kelompok belajar kecil dan melakukan kunjungan belajar ke rumah siswa agar siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran bersama teman-temannya sehingga minat belajar mereka tetap sama seperti pada saat keadaan normal sebelum Covid-19

Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring), Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca.

Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Iriani Indri Hapsari, Herdiyana Maulana. 2013. “Pengukuran Minat Mahasiswa Berdasarkan Teori Holland.” Perspektif Ilmu Pendidikan 27:154.

Mufida, Alfi Nur. 2018. “Pengaruh Proses Pembelajaran Dalam Teori Behavioristik Terhadap Kecerdasan Sosial Dan Spiritual Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An-Najiyah Putri Surabaya.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Muhammad Thobroni, Arif Mustofa. 2015. Belajar Dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajarn Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Afabeta, CV.

Nugraheny, Dian Erika. 2020. “Ini Sebaran 19.189 Kasus Covid-19 Indonesia, Jakarta Catat 6.236 Kasus.” Kompas.Com. Retrieved July 3, 2020 (https://nasional.kompas.com/read/2020/05/21/03130041/ini-sebaran-19.189-kasus-covid-19-indonesia-jakarta-catat-6.236-kasus?amp=1&page=2).

Nurdin, Irfan Rahman. 2017. “Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Massive Open Online Course (MOOC) Di Universitas Ciputra Enterpreunership Online (OCEO).” Universitas Negeri Semarang.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Vol. 3. Malang: UMM Press.

Pengelola Web Kemdikbud. 2020. “SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-29.” Kemdikbud.Go.Id. Retrieved July 1, 2020 (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19).

Prodjo, Wahyu Adityo. 2020. “Pembelajaran Jarak Jauh Bukan Pembelajaran Daring, Ini Penjelasannya.” Kompas.Com. Retrieved July 9, 2020 (https://www.google.com/m?q=pjj+luring+mejurut+hamid&client=ms-opera-mobile&channel=new&espv=1).

Rahma Johar, Latifiah Hanum. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wasti, Sriana. 2013. “Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang.” Universitas Negeri Padang.

Yugi Prayuga, Agung Prasetyo Abadi. 2019. “Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Sesiomadika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats