FENOMENA ADAPTIF POLA ASUH DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA SISWA ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA SAAT PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.7631Keywords:
Kata Kunci, Pola Asuh Adaptif, Siswa Usia SD, Era PandemiAbstract
ABSTRAK
Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah, dengan adanya pandemic covid19 ini dilaksanakan dengan system pembelajaran online daring. Ketika mendampingi putra-putri mereka dalam pembelajaran secara daring orangtua juga bisa melihat kegiatan pembelajaran dari guru sekolah putra-putri mereka ketika dilakukan kelas online interaktif baik melalui video call, zoom, maupun aplikasi class conference lain
Pandemi ini membawa hikmah positif bagi orangtua untuk lebih dekat dan memperbaiki komunikasi dengan putra-putri mereka. Yang orangtua bisa lakukan dalam proses pembelajaran daring selama pandemic ini dirumah, menyesuaikan standar pencapaian belajar putra-putri mereka. Orangtua bisa mendampingi putra-putri mereka mengaplikasikan nilai karakter agama, nilai moral serta kecakapan hidupataulife skills, membiasakan hal baik pada anak saat di rumah dengan aktifitas normal mereka seperti masa sebelum pandemic covid 19 tapi di dalam lingkungan sekitar rumah dan merancang aktifitas belajar di rumah menjadi hal baru yang asik bagi anak saat pandemic covid 19. Aturan yang dijalankan dengan konsisten dan konsekuen juga menjadi hal penting dalam mengasuh dan mendidik anak.
Kata Kunci : Pola Asuh Adaptif, Siswa Usia SD, Era Pandemi
References
DAFTAR PUSTAKA
Al-Tabany, Trianti Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group
Aqib, Zaenal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: CV Rosdakarya
Atmaja Prawira, Purwa. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Barron, Paul (2009). Brain Power SD: Aktivitas, Permainan,dan Ide Praktis Belajar di Luar Kelas. Jakarta: Erlangga
Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Jakarta:Rineka Cipta.
Colvin, Geoff. 2008. 7 Langkah Untuk Menyusun Rencana Disiplin Kelas Proaktif. California : Indeks Company
Cooper M James, 1990. Classroom Teaching Skill. Lexyngton, Massa-chusetts Toronto : D.C. Heath and Company.
Crow and Crow, A., (1990), AnIntroduction to Guidance. New York : American Book.
Dananjaya, Utomo. 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung:Nuansa
Daradjat, Zakiyah. 1999. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA