PEMBELAJARAN DARING MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SD MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA VIDEO
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang penting dalam meningkatkan kualitas penulisan dalam pembelajaran. Menulis adalah kemampuan yang harus dilatih sejak usia dini. Menulis adalah keterampilan berbahasa adalah karya satra yang ditujukan untuk menghasilkan suatu tulisan. Tentunya untuk membuat puisi yang baik harus mempunyai cara-cara dan metode yang tepat. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui scenario dan implementasi pembelajaran daring menulis puisi Menggunakan Model Picture And Picture Berbantuan Media Video (2) Mengetahui respon siswa kelas IV terhadap pembelajaran daring menulis puisi Menggunakan Model Picture and Picture 3) Mengetahui kesulitan- kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas (4) Mengetahui kendala yang dialami guru. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif kualitatif, keterampilan menulis puisi pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan Model Picture And Picture. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan instrument yaitu lembar observasi, angket, wawancara dan tes soal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2020-2021 dengan jumlah 30 siswa SDN Leuwigajah 2 di Kota Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pre-test mencapai rata-rata 53,8% hal ini menunjukkan bahwa hasil dari skor pretest masih sangat rendah. Siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 siswa sedangkan yang belum tuntas KKM sebanyak 18 siswa. Sedangkan pada tahap postest mencapai rata-rata 80,5% Siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 28 siswa sedangkan yang belum tuntas KKM sebanyak 2 siswa. Hasil angket skala sikap siswa 76% sedangkan hasil angket guru 80%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian selama pembelajaran daring menulis puisi menggunakan Model Picture And Picture Berbantuan Media Video baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamdani. (2011). Strategi Belajaran Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Har, Aveis (2011). Yuk, Menulis! Diary, Puisi dan Cerita Fiksi. Yogyakarta; G-media.
Hindun, H., & Karmila, K. (2019). Kemampuan Menulis Puisi Siswa SD Melalui Media Gambar. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(1), 58–78. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.79
Hersiana. (2016) Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Media Gambar di Kelas III SDN 2 Bilo Kecamatan Ogodeide. (Jurnal Kreatif Tadulako Online) Vol. 4 No. 11
Istarani. (2011). 58 Model PembelajaranInovatif. Medan:Media Persada.
Madarudin, Sada Clarry, Burhan. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Gelatan Kecamatan Sokan. (Jurnal Pendidikan Dasar) Volume 2, Nomor 1.
Sarniwati. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo. ( Jurnal Bidang Pendidikan Dasar) Vol.2 No. 1A.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
Suprijono A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka pelajar.
Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 43, 22–34.
Priatna Asep, Nurhalimah Siti. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Sekolah Dasar. ( Jurnal Pendidikan ) Volume V Nomor 1.
Zulfaridah. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Picture and Picture Dengan Mediagambar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 060890 Kecamatan Medan Polonia. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 616–632. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i4.10330
Hamdani. (2011). Strategi Belajaran Mengajar. bandung: Pustaka Setia
Har, A. (2011). Yuk, Menulis! Diary, Puisi dan Cerita Fiksi. Yogyakarta; G-media.
Hindun, H., & Karmila, K. (2019). Kemampuan Menulis Puisi Siswa SD Melalui Media Gambar. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, Vol.7(No.1), 58–78. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.79
Istarani. (2011). 58 Model PembelajaranInovatif. medan:Media Persada
Jamaludin, D. dkk. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Karya Tulis Ilmiah.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. bandung:Alfabeta
Suprijono. (2010). Cooperative Learning. yogyakarta:Pustaka pelajar
Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 43, 22–34.
Zulfaridah. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Picture and Picture Dengan Mediagambar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 060890 Kecamatan Medan Polonia. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, Vol.7(No.4), 616–632. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i4.10330
DOI: https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.8302
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats