PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD IT MUTIARA PALABUHANRATU

Authors

  • Siti Apsoh STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Anisa Alawiyyah STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8824

Keywords:

Nilai-nilai karakter, pembelajaran daring, Bahasa Inggris.

Abstract

Abstrak

 

Nilai - nilai karakter harus tetap diintegrasikan dalam proses belajar. Karena karakter merupakan cerminan budaya bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SD IT Mutiara Palabuhanratu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Tahapan metode penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket, analisis dokumen dan pengolahan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru bahasa inggris, orang tua dan siswa kelas 5 SD IT Mutiara. Adapun hasil penelitian ini adalah SD IT Mutiara menjadi sekolah yang berkarakter.  Kepala sekolah memiliki program pembiasaan nilai-nilai karakter, wakasek kurikulum membimbing guru dalam menyusun RPP berbasis karakter pada kegiatan IHT, guru Bahasa Inggris  mengintegrasikan sebanyak 9 nilai karakter pada mata pelajaran bahasa inggris yaitu religius, jujur, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, gemar membaca, komunikatif, rasa ingin tahu, dan peduli lingkungan. Selain itu sekolah mencoba menerapkan 18 nilai karakter di luar kegiatan belajar mengajar. Adapun faktor penghambatnya adalah terkendala jaringan internet dan kehadiran siswa tidak 100% karena terbatasnya kuota internet. Adapun faktor pendukung adalah seluruh stake holder mendukung program penanaman nilai-nilai karakter di SD IT Mutiara.

 

References

Arida, A, E. 2009. Genetika Populasi dan Peranananya dalam Metode Penelitian Kualitatif. Salemba : Humanika Jakarta.

Chomsky, N. 1965. Aspek of the theory of sintax. Camridge Mass.: MIT. Press.

Dardjowidojo, Soenjono. 1986.dasar-daras neuro fisilogis dalam penguasaan bahasa, dalam kaswanti purwa, bambang (ed). pusparagam linguistik dan pengjaaran bahasa. Jakarta: PN. Balai Pustaka

https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1. 22/10/2020

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa. 10..58 wib. 22-10-2020.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010).Kerangka acuan pendidikan karakter kementrian pendidikan nasional tahun 2010.Jakarta :Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan

Kesuma, Dharma,dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Krashen, Stephen. 1988. Second language accuisicion and second language learning. New York: Prenti C Hall International English Language Teaching.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

New Mark, L. 1981. Participatory observation: how to succed in language learning in Harry Wenitz. (ed). the comprehension aproach to foreign language instruction. Massachusetts: New Burry House.

Santika, I. G. N., & Winaya., MA (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila dalam Perspektif Konflik Indeologis. Jurnal Etika Demokratis (JED). 4 (2), 89-98. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001

Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca disetujuinya Hasil Revisi UU KPK dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (1), 6-36. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Sugiyono. 2012. Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta).

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai wujud Integritas membangun Jati Diri. Jakarta:PT.Bumi Akasra

Terrel, T. D. 1982. The natural aproach to language teaching : an up date. Modern language jounal, 66 (2): 121- 132.

Zuchdi, Darmiyati.2011.Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta. UNY Press.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles