PENGEMBANGAN SIKAP ECOPRENEURSHIP PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA SISTEM AQUAPONIK MELALUI PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Erni Nurjanah STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Gilang Mas Ramadhan STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Zenal Abidin STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Rafdlal Saeful Bakhri STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.8825

Keywords:

Ecopreneurship, Pembelajaran IPS, Projeck Based Learning

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang masih tekstual sedikit banyak menghambat tercapainya tujuan pembelajaran yang komprehensif, untuk itu pembelajaran idealnya harus mengarah pada pembelajaran kontekstual guna membangun karakter peserta didik terlebih karakter entrepreneur yang dipadupadankan dengan sikap peduli lingkungan yang dapat menghasilkan suatu produktifitas yang teraktualisasi dalam perilaku manusia yang melek lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan sikap Ecopreneurship Mahasiswa PGSD pada pembelajaran IPS dengan memanfaatkan sumber daya lokal melalui Project Based Learning (Sistem tanam Aquaponik). Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain metode kuasi eksperimen pretest-postest one group test design. Jumlah Subjek penelitian adalah 20 orang mahasiswa PGSD STKIP Bina Mutiara Sukabumi. Instrumen yang digunakan berupa angket indicator pernyataan ecopreneurship dan angket ecopreneur dengan tahapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Adapun data hasil penelitian dari angket 1 menunjukan skor rata-rata pada pretest 50 dan 73 pada posttest  dan pada instrumen ecopreneurship dengan Tahapan PjBLnya didapat skor rata-rata 37,65 pada pretest dan 55,65 pada posttest, dengan masing-masing nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, atau terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui system aquaponik yang diintegrasikam dengan pelaksanaan mata kuliah pembelajaran IPS di SD terhadap sikap ecopreneurship mahasiswa PGSD STKIP Bina Mutiara Sukabumi.

References

Suryadi, Ace. (2014) . Pendidikan Indonesia menuju 2025 : Bandung. PT Remaja Rosda Karya

Wening, S. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai, Jurnal Pendidikan Karakter UNY . Nomor 1 ( Februari 2012).

Hananta, Tri. (2015). Studi eksplorasi pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar

Unggulan Aisiyah Bantul. Skripsi.UNY.

Mbebeb, Fomba. Emmanuel. 2012. Building Ecological Entrepreneurship: Creating

Environmental Solutions Based on the Cultural Realities and Needs of Local People. Journal of Environmental Investing , 3 (No. 2)

Soemanto, W. (2008). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Kemendiknas Balitbang Puskur. (2010) 2010. Bahan pelatihan: Penguatan Metodelogi

Pembelajaran berdasarkan Nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa (Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan). :Jakarta :Kemdiknas Balitbang Puskur.

Parker, Walter C. (2010). Social Studies Today Research and Practice. New York: Routledge.

Karaduman, Hidir. & Gultekin, Mehmet. (2007). The Effect of Constructivist Learning Principles Based Learning Materials to Students' Attitude, Succes and Retention in Social Studies. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Volume 6 (Issue 3)

Rais, M. (2010). Project based learning: Inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Makalah disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Surabaya: Unesa.

Brears, L., MacIntyre, B. & O’Sullivan, G.(2011). Preparing teachers for the 21st century using PBL as an integrating strategy in science and technology education. Design and Technology Education: An International Journal, 16(1), 36-46

Jagantara, I M. W., Adnyana, P. B, & Widiyanti, N. L. P. M. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 4.

Maryani, E. Dkk. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian. Volume 9 No 1, April 2009.

Aryanto, S. dkk. 2018. The Ability of Superior Student in Fraction Materials Based on Ecopreneurship. Prosiding ICSME 2018. Vol. 3, No. 1 pp 715-719.

Schaper, M. 2002. The Essence of Ecopreneurship. Greener Management International. Vol.20, No. 38 pp 26-30.

Greene, Cynthia L. 2012. Entrepreneurship, 5E. USA: South-Western Cengage Learning.

Supriatna, N. 2016. Ecopedagogy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalamPembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daniel, Eyisi. (2016). The Usefulness of Qualitative and Quantitative Approaches and Methods in Researching Problem-Solving Ability in Science Education Curriculum. 7(15), 91-100.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles