KAJIAN PROBLEMATIKA TEACHER CENTERED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SISWA STUDI KASUS : SDN DUKUH, SUKABUMI

Authors

  • Agung Rozali Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Margo Irianto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeni Yuniarti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9996

Keywords:

Aktif-Pasif, Student Centered, Teacher Centered

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan guru berkembang mengikuti situasi dan keadaan dunia saat ini, model penggunaan yang berpusat pada guru mulai menyajikan permasalahan yang disebabkannya, berupa siswa pasif dalam belajar, proses belajar hanya menjadi transfer ilmu saja, guru hanya berfokus untuk menyelesaikan kurikulum dari buku, bukan fokus pada pengetahuan yang didapat oleh siswa. Sedangkan pada abad 21 ini untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan juga proses belajar yang bermakna. Tujuan penulisan karya ilmiah ini untuk mengetahui sejauh mana problematika pembelajaran di kelas yang ada dalam penggunaan model teacher centeredpada abad 21 ini dan selanjutnya dibandingkan dengan kajian-kajian literatur dari penelitian-penelitian yang relevan. Sampel penulisan ini adalah tempat penulis mengajar yaitu di SDN Dukuh yang bertempat di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Model penulisan ini berdasarkan pada penelitian kualitatif deskriptif. Metode penulisannya menggunakan metode kasus ( case-based method ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran teacher centered, siswa tidak berpartisipasi aktif di kelas, penggunaan buku teks di seluruh kegiatan, siswa takut untuk bertanya, proses pembelajaran berbasis ceramah dan tugas.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles