COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase <p>Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in<span class="Apple-converted-space"><span class="Apple-converted-space"> </span>Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangi</span>on current science issues, namely:</p> <ul> <li>Teacher of Primary School.</li> <li>Observers and Researchers of Primary School.</li> <li>Educational decisions maker on regional and national level.</li> </ul> <p>We recommend classroom action research, qualitative, descriptive, or quantitative. We may process manuscript of didactic development research (DDR) or research and development (RnD).</p> <p>Our publication could be research on teaching method, experiment of teaching aid or media, and even effectiveness of lesson study. We accepted any manuscript derived from research of Primary education. We will not process manuscript from research approach of school management.</p> en-US [email protected] (Sukma Murni) [email protected] (Sukma Murni) Mon, 27 May 2024 01:46:47 +0000 OJS 3.2.1.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Keefektifan media tutup botol terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa kelas II https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22573 <p>Media pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menarik sehingga sengaja dibuat sebagai alat peraga nyata berupa media tutup botol. Media tutup botol adalah suatu pemanfaatan barang bekas yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar. Pemanfaatan media tutup botol digunakan pada salah satu pembelajaran matematika pada materi penjumlahan teknik menyimpan di kelas II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media tutup botol terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa kelas II di SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain <em>one group pretest posttest</em>. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa kelas II SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Teknik pengumpulan data secara tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yang meliputi <em>paired sample t-test</em> dan uji N-Gain. Hasil penelitian mengunjukkan data awal pretest dengan rata- rata 57,7 dan nilai rata- rata posttest 80,7 dan &nbsp;hasil uji N-Gain menunjukkan 0,57 dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media tutup botol efektif terhadap kemampuan berhitung penjumlahan kelas II.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Keefektifan, Media Tutup Botol, Kemampuan Berhitung</p> Iis Wahyuningsih, Arfilia Wijayanti, Paryati Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22573 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik di sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19242 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel ilmiah dari jurnal nasional yang terbit pada tahun 2014-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 artikel didapatkan 10 artikel yang sesuai dengan topik judul. Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik di sekolah dasar pada pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang dijadikan rujukan. Penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan peserta didik menulis teks narasi di sekolah dasar.</p> Gina Oktaviani, Dian Indihadi, Yusuf Suryana Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19242 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan model inkuiri terbimbing pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/21343 <p>Penelitian ini didasari oleh kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam karena kurangnya ketertarikan terhadap mata pelajaran tersebut oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang menariknya metode penyampaian materi yang dirasa membosankan bagi para siswa, sehingga berimbas terhadap pemahaman siswa akan pentingnya IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media <em>PowerPoint </em>Inkuiri dengan bantuan model inkuiri terbimbing pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode <em>Research and Development (R&amp;D)</em>. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan kemampuan pemahaman siswa, terbukti dari perbandingan peningkatan nilai <em>pretest </em>dan <em>posttest </em>pada hasil uji coba media secara terbatas dan luas. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa setelah diimplementasikannya media selama proses pembelajaran.</p> <p>Kata Kunci : PowerPoint Interaktif, Model Inkuiri, Materi Gaya</p> Rizal Abdul Latip, Ronny Mugara, Anugrah Ramadhan Firdaus Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/21343 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh metode talking stick berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa SD https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22572 <p>IPA dipandang sebagai produk dan cara yang mengajarkan siswa memecahkan masalah melalui kemampuan berpikir kritis dan bersikap objektif. Kegiatan belajar IPA di jenjang SD bertujuan untuk membangun kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa terhadap alam dan dirinya, mempraktikkan metode ilmiah, dan mengomunikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran <em>talking stick</em> berbantuan aplikasi <em>quiziz</em><em>z</em> terhadap hasil belajar IPAS materi transformasi energi siswa kelas 4 SD Negeri Gajamungkur 04. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan desain <em>one grup pretest posttest</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan data tes dan non tes, data dianalisis menggunakan metode kuantittatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode <em>talking stick</em> berbantuan aplikasi <em>quiziz</em><em>z </em>terhadap hasil belajar siswa dengan t hitung (10,40) lebih besar dari t tabel(1,700). Implementasi metode <em>talking stick</em> berbantuan aplikasi <em>quiziz</em><em>z</em> dapat dijadikan sebagai alternatif solusi dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas 4 materi transformasi energi.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> <em>talking stick</em>; transformasi energi; <em>quiziz</em><em>z</em></p> Mira Amalia Setyani, Mira Azizah, Paryuni Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22572 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas 2 sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/18292 Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pada penggunaan model <em>Picture and Picture</em> dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas 2 SD serta kesulitan siswa dan guru dalam penggunaan model <em>Picture and Picture</em> untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>mix methode </em>dengan desain <em>sequential explanatory</em>. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 2 Al-Hidayah yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (<em>pretest</em> dan <em>posttest</em>), angket, observasi aktivitas siswa dan guru, dan wawancara. Hasil dari data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerita pada siswa dengan nilai rata-rata awal 49,25 menjadi 78,25. Adapun hasil dari data kualitatif diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan terdapat beberapa kegiatan yang mengikuti hanya 51%-75% siswa dan berdasarkan hasil wawancara terdapat kesulitan guru yaitu memusatkan perhatian siswa ketika kondisi kelas kurang kondusif, namun kesulitan siswa dan guru tersebut dapat teratasi dengan baik. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model <em>Picture and Picture</em> dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas 2 SD dan tidak terdapat kesulitan siswa dan guru yang signifikan karena dapat teratasi dengan baik. Dian Gustini, Muhammad Rizal Fauzi, Agni Muftianti Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/18292 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Analisis kebutuhan media pada pembelajaran teks eksplanasi di SD https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19413 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>Indonesian language subjects, especially explanatory text material, are compulsory lessons for elementary school students listed in the 2013 curriculum. Explanation text learning activities require careful planning of learning activities in order to achieve the desired learning objectives. Achieving learning objectives can be achieved if the teacher is able to choose the right learning methods and media. This study aims to reveal the need for media in learning explanatory text in grade V elementary school. This research was conducted through a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques were carried out through interviews and observations at one of the elementary schools in Ciamis Regency. The results of the research based on the results of interviews and observations show data that there are limitations to learning media such as only using teacher and student thematic books in the learning process and using newspaper media. In addition, students prefer visual learning with play learning methods. Therefore, it is necessary to develop learning media on explanatory text material in accordance with these characteristics.</p> <p><strong>Keywords: </strong>Explanation text, Learning media, Grade V students.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Mata pelajaran bahasa Indonesia terkhusus materi teks eksplanasi menjadi pelajaran wajib bagi peserta didik sekolah dasar yang tercantum dalam kurikulum 2013. Kegiatan pembelajaran teks eksplanasi diperlukan perencanaan kegiatan belajar yang matang agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pencapaian tujuan pembelajaran dapat tercapai apabila guru mampu memilih metode dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebutuhan media dalam pembelajaran teks eksplanasi di kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan melalui penekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan observasi di salah satu SD di Kabupaten Ciamis. Adapun hasil penelitian yang didasarkan pada hasil wawancara dan observasi menunjukkan data bahwasannya terdapat keterbatasan media pembelajaran seperti hanya menggunakan buku tematik guru dan siswa dalam proses belajar serta menggunakan media koran. Selain itu, siswa lebih menyukai pembelajaran secara visual dengan metode belajar bermain. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran pada materi teks eksplanasi yang sesuai dengan karakteristik tersebut.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Teks eksplanasi, Media pembelajaran, Peserta didik kelas V SD.</p> Restu Nana Irawan, Seni Apriliya, Agnestasia Ramadhani Putri Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19413 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Penggunaan model project based learning untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif kolase untuk siswa kelas II sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/21253 <p>This research aims to find out: (1) Increasing the ability to think creatively in collage in class II elementary school students using the Project Based Learning model (2) Difficulties of class II elementary school students in improving their ability to think creatively in collage (3) Difficulty for teachers in using the model&nbsp; Project Based Learning in class II elementary school students.&nbsp; The research method used is a mix method with an Explanatory Sequential Design model.&nbsp; The research subjects were 30 grade II elementary school students.&nbsp; Data was obtained from observation sheets, response questionnaires and interviews.&nbsp; The quantitative data collection technique is by providing pretest and posttest questions, while for qualitative data it is by providing observation sheets, response questionnaires and interviews.&nbsp; From the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the use of the Project Based Learning model to improve creative collage thinking skills in second grade elementary school students has increased.&nbsp; This is proven by the average n-gain score obtained at 0.58 with medium criteria, which means the effectiveness is moderate.&nbsp; The students' difficulties in this research were that students had difficulty in developing collage artwork in elaboration, lack of interest in SBdP learning, students had difficulty in concluding the material.&nbsp; The difficulties faced by teachers in this research were limited tools and materials, lack of learning time, and difficulties for teachers to condition&nbsp;students</p> Cucu Mulyati, Siti Ruqoyyah, Medita Ayu Wulandari Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/21253 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Keterampilan menulis teks narasi melalui metode brainwriting di kelas tinggi sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19403 <p>Penelitian eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan menulis teks narasi melalui metode <em>brainwriting</em> di kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode <em>brainwriting</em> pada keterampilan menulis teks narasi. metode penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan bentuk <em>quasi eksperimental design </em>(eksperimen semu). Penelitian ini dilakukan pada 2 kelas diantaranya kelas V-A sebagai kelompok eksperimen dan kelas V-B sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks narasi tema cita-citaku pada peserta didik kelas V-A sebagai kelompok eksperimen dengan kelas V-B sebagai kelompok kontrol. Hasil dari uji-t tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dapat diketahui perolehan nilai p sebesar 0.001 Nilai p &lt; 0,05, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks narasi tema cita-citaku pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran <em>brainwriting</em> dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan menggunakan metode <em>brainwriting</em> namun menggunakan metode pembelajaran konvensional.</p> Widia Febrianti Sazida, Dian Indihadi, Yusuf Suryana Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19403 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Peningkatan hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV dengan model PBL berbantuan canva https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22857 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran <em>problem based learning</em> (PBL) berbantuan media canva di SDN Sawah Besar 01. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pembelajaran masih kurang interaktif dan cenderung monoton, serta hasil belajar kognitif siswa belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan PBL dengan media Canva dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 29 peserta didik kelas IV di SDN Sawah Besar 01. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Hasil Siklus I menunjukkan bahwa 55,2% peserta didik mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 71,4. Pada Siklus II, persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 82,8% dengan rata-rata nilai 86,6. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, terutama dalam mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas IV di SDN Sawah Besar 01.</p> Anis Widyastuti, Agnita Siska Pramasdyahsari, Ervina Eka Subekti, Donis Sanjaya Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22857 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan media pembelajaran berbasis canva pada materi operasi hitung bilangan pecahan di kelas V https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19358 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Artikel ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang masih kurang dan masih sedikit pengembangan media pembelajaran dalam materi operasi hitung pecahan di kelas V sekolah dasar khususnya pada operasi hitung pecahan berpenyebut tidak sama. </span><span style="vertical-align: inherit;">Oleh karena itu, peneliti merancang dan mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. </span><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan dari penelitian ini, untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis canva pada materi operasi hitung pecahan di kelas V. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Research and Development</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE ( </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi)</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">. </span><span style="vertical-align: inherit;">Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi studi, validasi para ahli, dan angket respon peserta didik saat melakukan uji coba. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil validasi dari para ahli mendapatkan 90,625% dari ahli materi dengan kriteria valid dan sangat layak, 75% dari ahli pedagogik dengan kriteria valid dan layak, dan 100% dari ahli media dengan kriteria valid dan sangat layak. </span><span style="vertical-align: inherit;">Berdasarkan hasil validasi para ahli, media pembelajaran yang dikembangkan sudah valid dan layak digunakan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hal ini dibuktikan dengan hasil dari angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran melalui uji coba tahap I di SDN 3 Mangunreja mendapatkan 93,75% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba tahap II di SDN Sambongpermai mendapatkan 88,28% dengan kriteria sangat praktis. </span><span style="vertical-align: inherit;">Berdasarkan hasil dari angket respon peserta didik, </span><span style="vertical-align: inherit;">media pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. </span><span style="vertical-align: inherit;">Dengan demikian, media pembelajaran berbasis canva pada materi operasi hitung pecahan di kelas V valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.</span></span> </p> Rina Lestari, Yusuf Suryana, Ika Fitri Apriani Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19358 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Media kartu kata dalam melatih keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN Sendangmulyo 02 Kota Semarang https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22806 <p>Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang sama pentingnya dengan menulis, berbicara, dan mendengarkan dari sudut pandang bahasa lain. Membaca merupakan hal yang sangat penting bagi setiap siswa karena tanpa membaca siswa tidak dapat menguasai pelajarannya dengan baik. Ada beberapa jenis media yang dapat membantu siswa melatih keterampilan membaca. Salah satu media yang dimaksud adalah media kartu kata. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media kartu kata sebagai salah satu alternatif untuk melatih keterampilan membaca permulaan, khususnya bagi siswa kelas rendah. Dengan menggunakan kartu kata, siswa juga menjadi lebih mudah dalam memahami makna kata yang dimaksud. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II B SDN Sendangmulyo 02 yang keseluruhannya adalah 27 siswa. Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis telaahnya menggunakan penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu non tes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data observasi dan pengamatan diperoleh dari PPL 1 pada semester 1, tepatnya ketika peneliti melaksanakan praktik mengajar. Sedangkan dokumentasi adalah penghimpunan data terhadap segala kegiatan yang siswa lakukan ketika pengajaran berlangsung. Kesimpulan dalam penelitian ini dapat diambil dari pengaplikasian media kartu kata untuk kelas II B SDN Sendangmulyo 02 yaitu dalam perkembangannya siswa memahami makna dari kata menjadi lebih baik. Selain itu, siswa juga terlibat aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan terasa menyenangkan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; <strong>Kata Kunci</strong>: media kartu kata, membaca permulaan</p> Aprilia Pangestuti, Qoriati Mushafanah, Rafika Nuriafuri Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22806 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe times games tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 02 Semarang https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22737 <p>Tujuan utama dilangsungkannya penelitian ini ialah untuk menambah keantusiasan siswa selama pembelajaran berlangsung di kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 02&nbsp; Semarang. Observasi (telaah) ini menyertakan 27 siswa, dengan 11 laki-laki dan 16 perempuan. Model yang dipakai yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT (<em>Teams Games Tournament</em>). Jenis penelitian ini memanfaatkan tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart dengan 2 siklus, yakni siklus I dan II. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa SD Negeri Sendangmulyo 02, kelas IV-A. Pelaksanaannya yaitu semester 1 awal tahun pelajaran 2023-2024 di SDN Sendangmulyo 02. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi memakai penganalisisan data deskriptif (kualitatif). Hasil teliti ini membuktikan bahwa keantusiasan siswa bisa meningkat melalui model pembelajaran TGT. Pada pra-siklus, siswa dominan pasif, namun terjadi kenaikan signifikan dari siklus I ke siklus II, yakni dari 44% menjadi 78%. Sehingga, kesimpulannya adalah model pembelajaran <em>Teams Games Tournament (TGT)</em> efektif diimplementasikan guna menaikkan keantusiasan siswa kelas IV-A, SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Kooperatif, keaktifan Belajar, Teams Games Tournament (TGT)</p> Aan Zuliana, Mudzanatun, Sri Wahyuningsih Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22737 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Analisis motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika melalui media papan bangun datar siswa kelas I SD Supriyadi Semarang https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22607 <p>Matematika merupakan mata pelajaran yang menjadi fondasi bagi pembelajaran matematika di tingkat selanjutnya karena matematika membuat peserta didik berpikir logis, komunikatif, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta bekerjasama. Dalam pembelajaran matematika terutama kelas rendah seringkali siswa kesulitan untuk memahami konsep maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan gambaran materi secara jelas, menumbuhkan minat dan juga motivasi belajar. Motivasi belajar termasuk faktor penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran, seperti dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mendisikripsikan motivasi belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IC SD Supriyadi Semarang dengan menggunakan media pembelajaran papan bangun datar. Metode yang digunanakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai motivasi belajar siswa kelas IC SD Supriyadi Semarang menggunaan media papan bangun datar menunjukkan kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 89,35%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media papan bangun datar berdampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IC pada pembelajaran matematika materi bangun datar.</p> Ianatut Toyibah, Widya Kusumaningsih, Sapto Armin Wibowo Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22607 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan buku interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap materi pola hidup gotong – royong pada kelas III https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22622 <p><em>&nbsp;</em></p> <h1>Abstrak</h1> <p>.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; <em>Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan buku interaktif sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III terhadap materi pola hidup gotong-royong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah pengembangan menurut model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada tahap analisis, dilakukan studi literatur dan observasi awal untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa serta hambatan yang dihadapi dalam pemahaman materi pola hidup gotong-royong. Selanjutnya, tahap desain mencakup perencanaan konten, struktur, dan fitur interaktif yang akan disajikan dalam buku interaktif. Kemudian, dalam tahap pengembangan, buku interaktif dirancang dan diproduksi menggunakan teknologi digital yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Setelah itu, tahap implementasi dilakukan dengan menguji coba buku interaktif pada siswa kelas III di sebuah sekolah dasar. Selama proses implementasi, data diperoleh melalui observasi, tes, dan angket untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pola hidup gotong-royong. Terakhir, tahap evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi keefektifan buku interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku interaktif dapat signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pola hidup gotong-royong. Selain itu, siswa juga menunjukkan minat dan motivasi yang tinggi dalam menggunakan buku interaktif ini sebagai sarana pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa buku interaktif dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran tentang pola hidup gotong-royong pada siswa kelas III.</em></p> <p>Kata Kunci: Pancasila; <em>pengembangan buku interaktif, pemahaman siswa, pola hidup gotong-royong, sekolah dasar, kelas III.</em></p> <p>&nbsp;</p> Feri Tirtoni Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22622 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Identifikasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam memahami konsep hukum newton 3 pada mata pelajaran IPA https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/21852 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam memahami konsep Hukum Newton 3 pada mata pelajaran IPA. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena peneliti hanya sekedar mendeskripsikan fenomena yang terjadi dan tidak memberikan perlakuan khusus terhadap objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan&nbsp;&nbsp;&nbsp; hasil&nbsp;&nbsp;&nbsp; penelitian&nbsp;&nbsp;&nbsp; kesulitan belajar siswa kelas VI SD Randusari Kotagedhe&nbsp; disebabkan&nbsp; oleh&nbsp; faktor-faktor&nbsp; yang menyebabkan kesulitan&nbsp; belajar meliputi; (a) kesulitan dalam memahami dan mengingat bahasa ilmiah/istilah asing; (b) kesulitan dalam memahami konsep; (c) minat siswa yang kurang terhadap pembelajaran; (d) motivasi belajar yang rendah; (e) metode yang monoton dan media/alat pembelajaran yang kurang menarik; dan (f) kecerdasan siswa yang beda-beda. Faktor- faktor tersebut yang menyebabkan kesulitan belajar pelajaran IPA dasar&nbsp; bagi siswa&nbsp; sekolah dasar.</p> <p>Kata Kunci: Hukum Newton, IPA, Kesulitan Belajar</p> Hesti Iswandayani, Ahmad Arum Jalaludin, Gita Apriliana, Wahyu Kurniawati Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/21852 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Penggunaan model guided writing untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas 2 SD Al Basyariyah https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/18262 <p>             Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran menulis tegak bersambung pada siswa kelas 2 SD Al Basyariyah dengan menggunakan model g<em>uided writing. </em>Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method. Subjek pada penelitian ini yaitu 25 orang siswa pada kelas 2 SD Al Basyariyah yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrumen penelitian berdasarkan hasil observasi dan angket siswa mengenai proses pembelajaran yang berlangsung selama masa penelitian dengan menggunakan model <em>guided writing</em>. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dan berdasarkan pembahasan yang mendeskripsikan seluruh proses pembelajaran yang dilakukan selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa baik itu selama proses pembelajaran, hal ini dapat diketahui dari hasil posr test dan pretwst serta observasi yang dilakukan. Berdasarkan skenario dan implementasi keterampilan siswa terdapat peningkatan kemampuan yang signifikan. Respon siswa sangat baik dalam proses penelitian yang berlangsung. Kendala maupun kesulitian yang dihadapi siswa selama masa penelitian adalah sulit berkonsentrasi dan mengganggu teman</p> Lika Agustin Suwijaya, Asep Samsudin, Ruli setiyadi Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/18262 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Upaya pembentukan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan dan keteladanan guru kelas V SDN 2 Bangbayang https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19630 <p><em>This study aims to determine the efforts to form disciplinary character through habituation and exemplary class V teachers at SDN 2 Bangbayang. Schools really need efforts to form this character because it will become the basis for implementing disciplinary character education for students. Given the time of the Covid-19 pandemic in Indonesia, more or less shifted the values and norms that students had. Character is the difference between one and the other because the character is character, nature, which is very basic in a person. The method in this study uses a descriptive qualitative design that tends to use an inductive approach. The objects of this research were the Class V teachers and students. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. For the data's validity use source, technical, and time triangulation. Then analyzed by means of data reduction, data presentation, and verification. The results of the study show that there are two ways of character building, namely, one with a deliberate demonstration; by direct displays of teacher discipline, responsibility, and concern for the environment, and then by occasional example; like a teacher who always says sorry, please, thank you, respect teachers, superiors, especially students. The exemplary and habituation carried out by the teacher to students goes well, so it can be said to be successful.</em></p> Aulia Fitri, Nana Ganda, Elan Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19630 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Penggunaan model picture and picture kelas IV SD untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita fiksi https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19759 <p>Kurangnya siswa kelas IV dalam membaca cerita fiksi di sekolah dasar disebabkan dari model pembelajaran yang monoton dan kurang cocok pada siswa kelas IV sehingga siswa mudah bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian <em>Mix Methode</em> dengan desain <em>Explanatory Squential Design</em> dan menggunakan model pembelajaran <em>Picture and Picture</em>. Sebagai alatnya ia menggunakan tes, survei respon siswa, angket respon guru, wawancara guru, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Cara pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang dijadikan sampel sebanyak 36 siswa yang direkrut dari SD Sindangsari di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran <em>picture and picture</em> dapat menaikan kemampuan siswa kelas IV SD dalam membaca cerita fiksi. Hal ini juga diperkuat dengan hasil post test yang meningkat secara signifikan diakhir kegiatan pembelajaran siswa.&nbsp;</p> Nur Khadijah, Ryan Dwi Puspita, Evi Susanti Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19759 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Model pengembangan karakter religius melalui program pembudayaan sekolah di SDIT At Taufiq Al Islamy https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19407 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk model pengembangan karakter religius melalui program pembudayaan sekolah di SDIT At Taufiq Al Islamy. Pengembangan dan pembentukan karakter religius diyakini penting untuk dilakukan oleh sekolah untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter. Model pengembangan karakter religius melalui program pembudayaa sehari-hari di sekolah ini merupakan langkah awal dalam membentuk mental dan juga karakter anak bangsa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan model pengembangan karakter religius yang dilakukan dalam program pembudayaan sekolah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pada hasil yang terdapat faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala sekolah, guru PAI guru kelas III dan guru kelas VI serta peserta didik usia skeolah dasar. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalis dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: <em>Pertama</em>, adanya perencanaan pada model pengembangan karakter religius yang dilakukan di sekolah. <em>Kedua</em>, yaitu pelaksanaan model pengembangan karakter religius melalui program pembudayaan sekolah dengan berbagai program pembudayaan harian atau rutinan. <em>Ketiga</em> evaluasi terhadap model pengembangan karakter religius melalui program pembudayaan sekolah. Dengan adanya faktor pendukung dan penghambat.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Model pengembangan karakter; Karakter religius; Progam pembudayaan</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> Silvia Putri Yandra, Syarip Hidayat, Anggit Merliana Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19407 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa kelas V sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22894 <p>Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemandirian belajar. Melalui sikap mandiri belajar, siswa dapat lebih bertanggung jawab terhadap proses dan hasil belajarnya. Namun pada realitasnya, kemandirian belajar siswa masih terbilang rendah. Padahal, hasil belajar siswa pada ranah kognitif dipengaruhi oleh tingkat kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa pada topik bencana alam. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>quasi experiment</em> dengan design <em>non-equivalent pretest and posttest control group design.</em> Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar negeri yang berada di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Hasil menunjukkan adanya pengaruh berupa kenaikan nilai <em>pretest </em>pada <em>posttest</em>, baik pada kelas eksperimen ataupun kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji <em>Wilcoxon </em>dengan signifikansi &lt; 0,005. Namun, persentase kenaikan nilai tes pada kelas kontrol lebih besar daripada kelas eksperimen. Sedangkan untuk kemandirian belajar, persentase kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 89,78%. Maka, penggunaan model RADEC tidak lebih baik dari pembelajaran konvensional berupa ceramah untuk meningkatkan pemahaman konsep pada topik bencana alam. Namun, sangat efektif guna memunculkan sikap kemandirian belajar pada siswa, jika dibandingkan dengan kelas kontrol.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>RADEC, kemandirian &nbsp;belajar, &nbsp;pemahaman &nbsp;konsep</p> Alya Syifani, Atep Sujana, Enjang Yusup Ali Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22894 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas model kooperatif tipe TGT (team game tournament) berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Gribig https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22938 <p>Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TGT <em>(Team Game Tournament)</em> berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Hasil belajar matematika peserta didik kelas IV masih tergolong rendah, yang sudah mencapai KKTP ada 13 peserta didik atau 32%, sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKTP ada 28 peserta didik atau 68%. Selain itu penggunaan media pembelajaran saat pembelajaran matematika jarang digunakan, begitupun dengan metode pembelajaran yang masih konvensional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif dalam bentuk <em>Quasy Experimental Design</em> (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini <em>Nonrandomized pretest-posttest control group design</em>, dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil belajar <em>pretest</em> kontrol dan <em>pretest</em> eksperimen memiliki nilai sig 0,05, data tersebut berdistribusi normal. nilai <em>(Sig.) Based on Mean</em> sebesar 0,109 &lt; 0,05 disimpulkan varians data <em>Post-Test</em> eksperimen dan<em> Post-Test kontrol </em>adalah homogen. Adanya pengaruh atau keefektifan yang signifikan sebelum dilakukan pembelajaran TGT dan setelah dilakukan pembelajaran TGT <em>(Team Game Tournament</em>) terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Model kooperatif tipe TGT (<em>Team Game Tournament)</em> berbantuan kartu soal memberikan efek yang baik dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.</p> <p><em>Kata kunci: Hasil Belajar, Kartu Soal, TGT</em></p> Nidaul Afidah, Amalia Rahmawati, Septina Rahmawati, Yoga Awalludin Nugraha, Dhina Cahya Rohim Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22938 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Deskripsi profil kemampuan metakognisi ditinjau dari level kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22812 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana profil kemampuan metakognisi yang dimiliki oleh siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Adapun kemampuan metakognisi yang akan diteliti adalah pengetahuan metakognisi, perencanaan, monitoring pemahaman, pemilihan strategi dan evaluasi dalam aktivitas pemecahan masalah. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratif.. Tahapan penelitian dilakukan dengan observasi, penentuan sampel, tes metakognisi, wawancara dan terakhir adalah analisis data. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahl tes yang terdiri dari 2nomer untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan metakognisi siswa serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: a) Siswa R1 yang memiliki level kemampuan tinggi memiliki profil metakognisi yang sangat baik. Siswa memunculkan aspek pengetahuan metakognisi dan keterampilan metakognisi yang meliputi perencanaan, monitoring pemahaman, pemilihan strategi dan evaluasi dilakukan secara sistematis; b) Siswa R2 dengan level kemampuan sedang memiliki profil metakognisi yang baik dalam aspek pengetahuan metakognisi, perencanaan, monitoring pemahaman serta pemilihan strategi, namun kurang baik dalam aspek evaluasi dan c) Siswa R3 dengan level kemampuan rendah menunjukkan profil metakognisi yang kurang baik dalam semua aspek baik itu pengetahuan metakognisi dan keterampilan metakognisi. Siswa tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk dikaitkan dengan masalah sehingga tidak mampu menyusun perencanaan yang sistematis dan tepat.</p> Yuni Wahyuningsih Baiq, Vivi Rachmatul Hidayati Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22812 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Analisis kebutuhan flashcard sebagai media pelatihan literasi emosi pada anak usia sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19298 <p>Dewasa ini, perundungan merupakan masalah yang marak dialami anak usia sekolah dasar. Rendahnya literasi emosi dianalisis menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. Namun, media pelatihan literasi emosi <em>(Emotional Literacy)</em> belum banyak dikembangkan. Sehingga, tujuan penelitian untuk memaparsajikan spesifikasi produk yang diperlukan dalam pengembangan <em>flashcard </em>sebagai media pelatihan literasi emosi. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan metode analisis kebutuhan dengan teknik pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi dan studi pustaka. Pada tahap ini dilakukan analisis meliputi analisis kebutuhan dan analisis konten media <em>flashcard </em>literasi emosi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung, kemampuan literasi emosi pada anak usia sekolah dasar masih dinilai rendah. Sedangkan upaya sementara guru untuk mengatasi masalah perilaku dan konflik emosi peserta didik berupa kesepakatan kelas dan nasihat. Sementara itu hasil studi literatur mengemukakan bahwa media <em>flashcard </em>literasi emosi untuk anak usia sekolah dasar belum banyak digunakan dan dikembangkan. Berdasarkan hasil wawancara, media <em>flashcard </em>literasi emosi dibutuhkan untuk dikembangkan dengan syarat perlu menarik dari tampilan warna, ilustrasi dan isi. Media <em>flashcard </em>pelatihan literasi emosi yang dikembangkan akan memuat lima aspek literasi emosi dengan mengikuti langkah pelatihan literasi emosi Steiner diantaranya: 1) <em>opening the heart; 2) surveying the emotional landscape; 3) taking responsibility.</em></p> Ana Anggi Anggraini, Seni Apriliya Apriliya, Erwin Rahayu Saputra Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19298 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22800 <p>Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah sebuah pembelajaran dengan menerapkan strategi kelompok dan mengkombinasikan dengan permainan melibatkan semua aktivitas siswa. Setiap siswa menunjukkan kekhasan individu, dengan karakteristik unik dan kebutuhan belajarnya masing-masing. Hal tersebut merupakan tanggung jawab pendidik untuk melayani sebagai fasilitator yang efektif dalam proses pembelajaran setiap siswa, memastikan bahwa minat serta bakat mereka dipenuhi dan tujuan pendidikan dapat terealisasikan secara efisien. Hasil observasi yang telah dilakukan pada pembelajaran di kelas V SDN Wonotingal maish menggunakan model pembelajaran yang konvensional dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa model pembelajaran TGT efektif dalam tingkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPAS kelas V SDN Wonotingal. Pada penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan One Group Pretest Postest Design. Metode analisis data menggunakan uji N- Gain. Berdasarkan pada hasil uji N- gain persen memperoleh skor 58,0049 dengan minimal 16,67 serta Maximum 100. Hasil percobaan paired samples test sig.( 2- tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05 dapat disimpulkan adanya pengaruh yang antara hasil belajar dari pretest serta posttest. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembejaran TGT efektif digunakan pada pembelajaran IPAS siswa Kelas V SDN Wonotingal.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Model pembelajaran, Teams Games Tournament, Hasil belajar</p> Widya Ayu, Noviana Dini Rahmawati , Bernardus Irianto Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22800 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas penerapan model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar peserta didik kelas V-A SDN Sendangmulyo 02 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22736 <p>Tujuan utama dilangsungkannya penelitian ini ialah pengupayaan dalam mengukur minat (keinginan belajar) peserta didik SDN Sendangmulyo 02 Kota Semarang pada tahun ajaran 2023-2024 di semester ganjil dengan cara mengaplikasikan model pengajaran <em>Team Games Tournament</em>. Penelitian ini berobjekkan siswa kelas V-A yang keseluruhannya adalah 28 peserta didik. Penggunaan metode penelitiannya yang dipakai yaitu pendekatan kualitatif. Adapun jenis telaahnya yakni memakai penelitian deskriptif. Sementara teknik penghimpunan datanya yakni non-tes berwujud observasi, amatan langsung, serta dokumentasi pada saat menjalankan aktivitas pengajaran. Data observasi dan pengamatan diperoleh dari PPL 1 pada semester 1, tepatnya ketika peneliti melaksanakan praktik mengajar. Sedangkan dokumentasi adalah penghimpunan data terhadap segala kegaiatan yang peserta didik lakukan ketika pengajaran berlangsung. Sedemikian hingga bisa ditarik simpulan bahwa pengaplikasian model pengajaran <em>Teams Games Tournament</em> pada minat (keinginan belajar) untuk kelas V-A SDN Sendangmulyo 02 mengalami perubahan menjadi lebih unggul, yang dibuktikan dengan adanya keaktifan peserta didik dalam merespon persoalan dan memperhatikan materi saat proses kegiatan pembelajaran.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: minat belajar, teams games tournament.</p> Angilia Herli Lutfiyani, Mudzanatun, Suprapto Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22736 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000