COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase <p>Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in<span class="Apple-converted-space"><span class="Apple-converted-space"> </span>Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangi</span>on current science issues, namely:</p> <ul> <li>Teacher of Primary School.</li> <li>Observers and Researchers of Primary School.</li> <li>Educational decisions maker on regional and national level.</li> </ul> <p>We recommend classroom action research, qualitative, descriptive, or quantitative. We may process manuscript of didactic development research (DDR) or research and development (RnD).</p> <p>Our publication could be research on teaching method, experiment of teaching aid or media, and even effectiveness of lesson study. We accepted any manuscript derived from research of Primary education. We will not process manuscript from research approach of school management.</p> en-US sukma-murni@ikipsiliwangi.ac.id (Sukma Murni) sukma-murni@ikipsiliwangi.ac.id (Sukma Murni) Thu, 02 Jan 2025 03:42:29 +0000 OJS 3.2.1.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan media digital interactive books meningkatkan kemampuan communication and collaboration menghadapi era merdeka belajar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/24802 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media interactive book dalam pengembangan kemampuan berpikir dasar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. media interactive book bisa menjadi media komputer yang sangat menarik di masyarakat saat ini. Penggunaan Media interactive book juga meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga membantu meningkatkan hasil belajar mereka. &nbsp;Metode penelitian pengembangan &nbsp;yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model plomp. Pengumpulan dan pengembangan media dilakukan dengan cara mengumpulkan, menganalisis, mengorganisasikan, sumber artikel, buku, penelitian terdahulu yang berkaitan dengan pemanfaatan Media interactive book lapangan . Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media interactive book dapat meningkatkan Kemampuan Communication And Collaboration Menghadapi Era Merdekasecara signifikan dibandingkan dengan strategi pendidikan ranah digital. Selain itu, siswa menunjukkan reaksi positif terhadap penggunaan media digital dalam pembelajaran. Media interactive book juga memungkinkan guru membuat pertanyaan terbuka dan menantang yang memperkuat keterampilan berpikir dasar siswa. Media interactive book membantu siswa dengan cepat menemukan dan memperbaiki kesalahan mereka dan memeriksa hasil pembelajaran yang tersedia bagi siswa pada tahap ini juga membantu guru memantau kemajuan siswa dan memodifikasi metode pengajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa Media interactive book merupakan alat yang berguna untuk mendukung pembelajaran dinamis dan meningkatkan keterampilan berpikir dasar siswa dalam lingkungan pengajaran Pancasila. Oleh karena itu, penggunaan media Media interactive book terbukti layak dan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan mendasar dalam evaluasi hasil belajar Pancasila siswa sekolah dasar. Selain itu, guru disarankan untuk menggunakan Media interactive book dalam model pembelajaran sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>-&nbsp; <em>Interactive Books Communication And Collaboration Era Merdeka</em></p> <p>&nbsp;</p> Feri Tirtoni, Fitri Wulandari, Nur Efendi Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/24802 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengembangan media pop-up book pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19921 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pada pembelajaran matematika yang dapat menunjang siswa untuk memahami materi. Sehingga, peneliti bermaksud untuk mengembangkan pop-up book pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V sebagai media yang dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan antara lain <em>analysis, design, development, implementation</em> dan <em>evaluation. </em>Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil validasi, media <em>pop-up book</em> mendapatkan penilaian sebesar 84% dari ahli materi dengan kategori “sangat layak” dan 93% dari ahli media dengan kategori “sangat layak”. Adapun saat implementasi mendapatkan persentase dari respon siswa uji coba tahap satu &nbsp;sebesar 92,94% dengan kategori “sangat praktis” dan dari respon siswa uji coba tahap dua &nbsp;mendapatkan persentase sebesar 94,46% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut, media pop-up book bangun ruang sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran&nbsp; di sekolah dasar.</p> Fanny Kusumaningrum, Karlimah, Ika Fitri Apriani Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19921 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengembangan media pembelajaran flashcard matematika berbasis etnomatematika makanan tradisional https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23187 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan di sekolah dan kurangnya memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai objek pembelajaran dalam mata pelajaran matematika. Media pembelajaran membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu, dengan memanfaatkan lingkungan sekitar seperti budaya, dapat membantu guru dalam mengenalkan mata pelajaran matematika khususnya materi geometri. Etnomatematika merupakan sebuah pendekatan di bidang matematika melalui budaya. Tujuan dari penelitian&nbsp; ini yaitu untuk mengembangakn media <em>flashcard</em> matematika materi geometri yang berbasis etnomatematika makanan tradisional Sunda. Desain penelitian yang digunakan yaitu <em>Educational Design Research </em>(EDR) model McKenney &amp; Reeves (2012) yang terdiri dari 3 tahapan diantaranya: 1) tahap analisis dan eksplorasi, 2) tahap desain dan kontruksi, 3) tahap evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, studi dokumen, <em>expert judgment, </em>dan uji coba produk. Hasil validasi ahli media sebesar 73%, ahli materi sebesar 85,42% dan ahli pedagogik sebesar 75%. Hasil dari produk yang dikembangkan yaitu mendapatkan respon yang positif dengan tingkat persentase respon siswa 100%, siswa merasa pembelajaran lebih menarik, semangat belajar, dan memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran secara menyenangkan. Adapun respon guru memperoleh persentase 98,75% dengan respon bahwa media memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan pembelajaran lebih menarik.</p> Nunung Cindy Cantika, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, Pidi Mohamad Setiadi Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23187 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV melalui model PBL SDN Sambirejo 02 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23122 <p>Masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pembelajaran IPAS SDN Sambirejo 02 mendorong dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi IPAS. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diperlukan model yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah <em>Problem Based Learning</em>. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan Pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan modul sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media <em>audiovisual</em>. Hasil penelitian dengan digunakannya model Problem Based Learning menggunakan media audiovisual menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang sangat signifikan. Pada tahap pra siklus, diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik 60 dengan prosentase 21,4%. Kemudian Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 75,5 dengan persentase meningkat menjadi 75%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 88,5 dan prosentase menjadi 92,8%.&nbsp; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model <em>Problem Based Learning</em> menggunakan media <em>audiovisual</em> dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS.</p> Hakim Mujadid, Aryo Andri Nugroho Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23122 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis kebutuhan pengembangan e-modul bermuatan SDGs tema air bersih dan sanitasi layak di sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23112 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>The implementation of learning is influenced by several learning components used, one of which is the teaching module. Technological developments can be considered as a strategic opportunity in an information approach to create interesting learning. Education for sustainable development is one way to realize the SDGs through education. The aim of this research is to analyze the need for developing e-modules containing SDGs in elementary schools. The method used is qualitative using descriptive methods. This research involved educators and students from several elementary schools. Data collection techniques used were interviews and documentation studies. The research results show that teachers still use books available at school and look for additional items on the internet.</p> <p><strong>Keywoard : </strong>Needs Analysis, E-module, SDGs<strong>.</strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Terlaksananya pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa komponen pembelajaran yang dipakai, salah satunya modul ajar. Perkembangan teknologi dapat dianggap sebagai peluang strategis dalam pendekatan informasi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan merupakan salah satu cara untuk mewujudkan SDGs melalui pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul bermuatan SDGs di sekolah dasar. Metode yang digunakan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan pendidik dan peserta didik dari beberapa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih menggunakan buku yang ada disekolah dan mencari tambahan dari internet.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Analisis Kebutuhan, E-modul, SDGs.</p> Gitasyara Niarulfalah, Ghullam Hamdu, Agnestasia Ramadhani Putri Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23112 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis hambatan pada penyelesaian soal perkalian dan pembagian bilangan cacah di kelas II sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23407 <p>This research aims to analyze students when solving multiplication and division of whole number problems. The subjects in the research focused on 24 class II students at SDN 3 Sukarindik, Kec. Bungursari, Tasikmalaya City. The data comes from students' answers after working on 5 essay questions on multiplication and division of whole numbers at easy, medium and difficult levels. The results of the research revealed the learning obstacles experienced in solving questions. It can be detailed as follows: (1) obstacles in understanding the concept of multiplication, (2) obstacles in understanding the concept of multiplication in story problems, (3) obstacles in understanding the concept of division, (4) obstacles in understanding the concept of division in story problems. This is shown by data from students who still have difficulty answering questions on multiplication and division of whole numbers, which reaches a percentage of 66.6%. The method used is a qualitative descriptive method and data collection techniques through interviews and test questions.&nbsp;</p> Tiara Hanandita, Karlimah , Ika Fitri Apriani Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23407 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis web wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi luas kelas IV SD Negeri 01 Jejawi https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23660 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p style="text-align: justify;">Pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis <em>web wordwall</em> terhadap hasil belajar siswa pada materi luas kelas IV SD Negeri 01 Jejawi. Rumusan masalah yaitu, apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis <em>web wordwall</em> terhadap hasil belajar siswa pada materi luas kelas IV SD?. Metode yang digunakan yaitu, <em>eksperimen true eksperimental design</em> dengan bentuk <em>pretest-posttest control group design</em>. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa, kelas IV.A ( kelas eksperimen ), 21 siswa kelas IV.B ( kelas kontrol ). Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil uji-t. diperoleh nilai rata-rata hasil <em>posttest</em> kelas kontrol sebesar 62,38 dan 80,00 untuk <em>posttest</em> kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 4,203 &gt; ttabel = 1,683. Sehingga Ho ditolak bearti Ha diterima. Diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 &lt; 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran matematika berbasis <em>web wordwall</em> terhadap hasil belajar siswa pada materi luas kelas IV SD Negeri 01 Jejawi.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Wordwall</em>, Hasil Belajar, Matematika.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Abctract </em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><em>Students' understanding of mathematics subjects is still low. The aim of the research was to determine the effect of using wordwall web-based mathematics learning media on student learning outcomes in class IV broad material at SD Negeri 01 Jejawi. The formulation of the problem is, is there an effect of using wordwall web-based mathematics learning media on student learning outcomes in broad class IV elementary school material? The method used is true experimental design in the form of a pretest-posttest control group design. The research sample consisted of 42 students, class IV.A (experimental class), 21 students in class IV.B (control class). Data collection techniques are tests and documentation. Data analysis techniques are, normality test, homogeneity test and t testt. T-test results. The average score obtained for the control class posttest was 62.38 and 80.00 for the experimental class posttest. Based on the results of the t-test analysis, the value of tcount = 4.203 &gt; ttable = 1.683. So Ho is rejected, meaning Ha is accepted. Obtained sig value. equal to 0.000 &lt; 0.05. Thus, it can be concluded that there is a significant influence of the wordwall web-based mathematics learning media on student learning outcomes in broad class IV material at SD Negeri 01 Jejawi.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Wordwall, Learning Results, Mathematics.</em></p> Kiki Lestari, Ramanata Disurya, Farizal Imansyah Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23660 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Efektifitas model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23566 <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>One of the abilities that students need to have to support the 21st century is the ability to think critically. Therefore, learning to think critically needs to be trained since elementary school. In reality, elementary school students' critical thinking skills are still low. This is influenced by the fact that the majority of learning activities use the lecture method which makes students passive. Students' critical thinking abilities need to be improved, one of which is through the RADEC learning model. So this research aims to see the effectiveness of the RADEC learning model in improving critical thinking skills on material changing the shape of objects in class IV elementary school. This research uses a quantitative method with a Quasi Experimental research type and a Nonequivalent Control Group design. The research location was carried out at SDN Tonjong 1 Sukabumi City, with research samples namely class IVA and class IV B. The results showed an increase in pretest scores on the posttest, both in the experimental class and the control class. This can be seen from the results of the T test with a significance &lt;0.005. Meanwhile, the results of calculations using the N-Gain Test from the pretest and posttest results show that there is a difference in increasing the effectiveness of the RADEC learning model by 62% while the percentage value of the conventional model is 33%. With this percentage, it can be concluded that the use of the RADEC learning model is more effective than conventional learning models.</em></p> <p><em>&nbsp;</em><strong><em>Keyword : </em></strong><em>Students, RADEC learning model, Critical thinking skills.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong><strong>Abstrak</strong><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Salah satu kemapuan yang perlu dimiliki oleh peserta didik untuk menyongkong abad 21 adalah kemampuan berfikir kritis. Oleh karena itu pembelajaran berfikir kritis perlu dilatih sejak sekolah dasar. Pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar masih rendah. Hal ini dipengaruhi karena mayoritas dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode ceramah yang menjadikan peserta didik pasif. Kemampuan berpikir kritis peserta didik perlu ditingkatkan salah satunya melalui Model pembelajaran RADEC. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada materi perubahan wujud benda di kelas IV Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dan <em>desain </em><em>Nonequivalent </em><em>C</em><em>ontrol Group</em>. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN Tonjong 1 Kota Sukabumi, dengan sampel penelitian yaitu kelas IVA dan kelas IV B. Hasil menunjukkan adanya kenaikan nilai <em>pretest</em> pada <em>posttest</em>, baik pada kelas eksperimen ataupun kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji T dengan signifikansi &lt; 0,005. Sedangkan hasil perhitungan menggunakan Uji N-Gain dari hasil <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> menunjukan adanya perbedaan peningkatan efektifitas model pembelajaran RADEC sebesar 62 % sedangkan nilai presentase model konvensional yaitu 33 %. dengan presentase tersebut maka, dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran RADEC lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Peserta didik, Model pembelajaran RADEC, Kemampuan berfikir kritis.</p> Dea Alfia Latifa, Enjang Yusuf Ali, Atep Sujana Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23566 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Penggunaan media mind mapping dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19227 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang penggunaan media <em>mind mapping </em>dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, <em>display</em> artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 10 tahun terakhir (2013-2023). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 artikel didapatkan 10 artikel yang sesuai dengan topik judul. Penggunaan media <em>mind mapping</em> dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar pada pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang dijadikan rujukan. Penggunaan media <em>mind mapping </em>dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penggunaan media <em>mind mapping </em>begitu efektif dan efisien, sehingga mampu memberikan daya tarik dari siswa untuk fokus dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung.</p> Meli Pamelia Rahmah, Dian Indihadi, Erwin Rahayu Saputra Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/19227 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Peningkatan pemahaman huruf dan angka menggunakan media kartu huruf dan angka pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Purwosari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23306 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan angka siswa tunagrahita berinisial D kelas III di SLB Negeri Purwosari dengan menggunakan media kantong huruf dan angka. Satu anak tunagrahita di kelas tiga adalah subjek penelitian. Penelitian dilakukan selama kurang lebih 6 pertemuan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian lebih mengenal huruf, angka, dan lebih mahir memahami konsep dan menulis huruf A-Z serta menulis angka 1-10. Hasil pencapaian sebelum penerapan media huruf dan angka mencapai nilai rata-rata 40%, dan nilai rata-rata setelah perlakuan mencapai nilai rata-rata 60%, sehingga subjek penelitian mencapai nilai rata-rata 70%.</p> Fatin Yuliyana, Navita Wafiq Khayriyah, Arcivid Chorynia Rubys Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23306 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis 7th SDGs pada materi energi di sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23087 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis 7th SDGs pada materi energi di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis kualitatif model Miles &amp; Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang tersedia di sekolah belum memenuhi kebutuhan peserta didik untuk dapat belajar mandiri interaktif karena masih menggunakan bahan ajar berbentuk cetak. Dengan demikian, dibutuhkan inovasi melalui pengembangan e-modul yang interaktif dan sesuai kebutuhan peserta didik. Diharapakan dengan adanya e-modul berbasis 7th SDGs dapat mendukung tercapainya tujuan SDGs yang ketujuh dan menyadarkan generasi penerus agar mampu menjaga ketersediaan energi agar dapat digunakan secara terus-menerus oleh generasi yang akan datang. Penelitian ini hanya membahas mengenai kebutuhan pengembangan, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk mengembangkan e-modul berbasis 7th SDGs di sekolah dasar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Analisis Kebutuhan, E-Modul, 7<sup>th</sup> SDGs</p> Silvi Kharisma Putri, Akhmad Nugraha, Agnestasia Ramadhani Putri Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23087 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis efektivitas penerapan model problem based learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD Supriyadi Semarang https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23126 <p>Penelitian dilatarbelakangi oleh siswa kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan kegiatan belajar yang selalu berada di dalam ruang kelas, melakukan tanya jawab, pemberian tugas tertulis, serta pemberian PR (pekerjaan rumah) untuk siswa. Siswa merasa kurang bersosialisasi dengan keadaan sekitar. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan guru hanya menggunakan pembelajaran dengan metode konvensional. Ini terbukti dari penuturan guru dan siswa bahwa pembelajaran yang dilakukan masih secara verbal (ceramah) namun tetap diselingi dengan kegiatan tanya jawab dan diskusi sederhana saja. Tujuan penelitian ini menganalisis efektivitas Penerapan Model <em>Problem Based Learning</em> terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Supriyadi Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan &nbsp;studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah nontes, dengan jenis wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data merupakan sebuah standar yang menunjukkan aktualitas data dari hasil penelitian yang menitikberatkan pada informasi di lapangan. Model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selama pembelajaran, siswa nampak antusias mengikuti pembelajaran, siswa mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan tertib, saat melakukan penyelidikan siswa nampak mengikuti dengan sungguh-sungguh, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Kesimpulannya, Model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Efektivitas, Motivasi Belajar, <em>Problem Based Learning</em></p> Khotimatus Sa'adah, Sumarno Sumarno, Rohmad Rohmad Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23126 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis penerapan model problem based learning (PBL) berbantu media kantong bilangan pada materi nilai tempat bilangan kelas II SDN Pedurungan Kidul 01 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/24589 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi penerapan model pembelajaran PBL berbantu media kantong bilangan di kelas IIA SDN Pedurungan Kidul 01. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas IIA yang berjumlah 28 peserta didik di SDN Pedurungan Kidul 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) berbantu media kantong bilangan telah terlaksana dengan baik dan aktif dalam kegiatan pembelajaran karena peserta didik dituntut mencoba, mengamati, dan menarik kesimpulan serta peserta didik tidak merasa bosan karena bisa mencoba sendiri media kantong bilangan tersebut.</p> Adhelia Audri Paramitha, Mira Azizah , Fitria Miftakhul Jannah, Kartinah Kartinah Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/24589 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23101 <p>Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya kemampuan belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas III materi keliling dan luas bangun datar dari identifikasi yang dilakukan oleh penulis. Peran matematika dalam pendidikan adalah mendorong peserta didik bersikap logis, kritis, analitis, konsisten, teliti, bertanggung jawab, tanggap, dan gigih dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SDN Ngesrep 03 Semarang. Rendahnya kemampuan hasil belajar ini yang membuat penulis ingin meningkatkan hasil belajar anak. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Bases Learning (PBL). Pada pelaksanaannya, siswa dibagi menjadi beberapa&nbsp; kelompok belajar, Dalam Penelitian tindak lanjut ini guru menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian anak. Siswa yang belum bisa sebelumnya menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. pembelajaran ini mengajak siswa untuk lebih aktif dalam setiap kegiatan. sehingga menghilangkan asumsi anak jika matematika itu sulit. Pada penelitian ini mengalami peningkatan disetiap siklusnya, dari siklus 1 sebanyak 30%, siklus II peningkatan menjadi 61% kemudian pada siklus III sebanyak 81%.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu tes formatif dan observasi selama kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif.</p> Nursiwi Nugrahaeni, Siti Hajarun Nadhifah Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23101 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh media buaya pintar dan random name pickers terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 81 Palembang https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23659 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p style="text-align: justify;">Pembelajaran matematika dilakukan secara konvensional tanpa perantara media. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media buaya pintar dan random name picker terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 81 Palembang. Rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh media buaya pintar dan <em>random name picker</em> terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 81 Palembang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan <em>desain posttest only control group design</em>, Populasi 203 siswa kelas II, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 64 orang yaitu, kelas II C DAN II D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni&nbsp; uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig (2-tailed) yang didapat sebesar 0,000 &lt; 0,05 atau dengan thitung &gt; ttabel yaitu 5.025 &gt; 1,669 artinya H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media buaya pintar dan random name picker terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 81 Palembang</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Media Buaya Pintar, <em>Random Name Picker</em>, Hasil Belajar.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong><em>Abtract </em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><em>Mathematics learning is carried out conventionally without media intermediaries. The aim of the research was to determine the effect of smart crocodile media and random name picker on the mathematics learning outcomes of students at SD Negeri 81 Palembang. The formulation of the problem is whether there is an influence of smart crocodile media and random name picker on the mathematics learning outcomes of students at SDN 81 Palembang. The research used a quantitative experimental method with a posttest only control group design. The population was 203 class II students. The sample in this study used a purposive sampling technique consisting of 64 people, namely, class II C AND II D. The data collection techniques used were tests and interviews. . The data analysis technique used is the independent sample t-test. The research results show that the sig (2-tailed) value obtained is 0.000 &lt; 0.05 or with tcount &gt; ttable, namely 5.025 &gt; 1.669, meaning that H0 is rejected. So it can be concluded that there is an influence of smart crocodile media and random name picker on the mathematics learning outcomes of students at SD Negeri 81 Palembang</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Smart Crocodile Media, Random Name Picker, Learning Results.</em></p> Indah Damayanti, Nila Kesumawati, Nurlela Nurlela Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23659 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 95 Palembang https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23657 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p style="text-align: justify;">Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II SDN 95 Palembang pada pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 95 Palembang. Rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 95 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode <em>true </em>eksperimen dengan jumlah populasi 66 siswa dan sampel 40 orang. Teknik pengumpulkan data adalah tes dan juga dokumentasi. Teknik uji instrument adalah uji validitas, uji reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yaitu, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya terdapat pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 95 Palembang, didapat nilai signifikan 0,000. Dengan kriteria nilai jika nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 95 Palembang.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Model PBL, Papan pintar, Hasil Belajar.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Abstract </em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><em>This research is about the low learning outcomes of class II students at SDN 95 Palembang in mathematics lessons. The aim of this research is to determine the effect of the PBL model assisted by smart board media on mathematics learning outcomes for class II SDN 95 Palembang. The formulation of the problem is whether there is an influence of the PBL model assisted by smart board media on the mathematics learning outcomes of class II students at SDN 95 Palembang. The method used in this research is a true experimental method with a population of 66 students and a sample of 40 people. Data collection techniques are tests and documentation. Instrument testing techniques are validity testing, reliability testing and level of difficulty. Data analysis techniques are, normality test, homogeneity test and hypothesis test. The results of this research show that there is an influence of the PBL model assisted by smart board media on the mathematics learning outcomes of class II SDN 95 Palembang, with a significant value of 0.000. With the value criteria, if the significant value is smaller than 0.05 then H0 is rejected. Thus, the hypothesis states that there is an influence of the PBL model assisted by smart board media on mathematics learning outcomes for class II at SDN 95 Palembang.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: PBL model, smart board, learning outcomes.</em></p> Apriza Selpia, Misdalina Misdalina , Melinda Puspita Sari Jaya Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23657 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengembangan media pop-up book pada materi daur hidup hewan untuk siswa sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23038 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengadaan serta pengembangan media pembelajaran IPA di sekolah dasar khususnya materi daur hidup hewan kelas IV sekolah dasar. Oleh karena itu peneliti merancang serta mengembangkan media pembelajaran pop-up book.&nbsp; Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book pada materi daur hidup hewan di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE (<em>analyze, design, development, implementation, and evaluation)</em>. Data dari penelitian ini dikumpulkan dari melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, penilaian para ahli, serta angket respon siswa pada saat uji coba dilaksanakan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa media yang dirancang serta dikembangkan sangat layak dan praktis untuk digunakan pada pembelajaran di sekolah.</p> Dewi Sinta Nurparidah, Akhmad Nugraha, Anggit Merliana Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23038 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Peningkatan hasil belajar IPAS pada materi keragaman budaya nasional melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23015 <p>Berdasarkan hasil analisis dokumen, observasi, dan wawancara dengan guru kelas, peserta didik memiliki nilai atau hasil belajar yang kurang maksimal dalam mata pelajaran IPAS. Hasil belajar terlihat pada kegiatan pra siklus yang menunjukkan bahwa 15 dari 27 peserta didik memiliki hasil belajar yang belum dapat mencapai KKM yaitu sebesar ≥75. Hanya 44,44% peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tidak Kelas dengan model Kemmis &amp; McTaggart. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen, observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat pada setiap siklus dengan rincian ketuntasan hasil belajar klasikal berturut dari siklus I sampai siklus III yaitu sebasar 56%, 67%, dan 89%. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dengan rincian secara berturut-turut dari siklus I sampai siklus III yaitu sebesar 70, 78, dan 82. Target yang ditentukan adalah sebanyak 75% dan dapat dikatakan bahwa penerapan model kooperatif tipe <em>make a match</em> dengan menggunakan berbagai media dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.</p> Sintya Setia Ningrum, Nursiwi Nugraheni Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/23015 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis kesulitan menulis karangan sederhana pada peserta didik kelas V di SDN Sukamenak Indah https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22725 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang masih belum bisa menulis karangan sederhana, berbagai masalah yang dihadapi oleh peserta didik sangat beragam seperti, adanya rasa bingung untuk menentukan judul karangan, mengulang-ngulang kalimat agar terlihat panjang, sulit menuaangkan ide maupun gagasan ke dalam bentuk tulisan, dan penggunaan tanda baca yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kesulitan menulis karangan sederhana pada peserta didik kelas V di SDN Sukamenak Indah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyampaikan analisis Kesulitan Menulis Karangan Sederhana Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sukamenak Indah bahwasannya peserta didik, lebih banyak terdapat pada sulitnya mengungkapkan ide pikiran dalam tulisan, kesulitan dalam pemakaian tanda baca, kesulitan dalam menentukan judul, Oleh karena itu, guru mencontohkan karangan sederhana dan memberikan stimulus kepada peserta didik dengan adanya belajar tambahan sebelum pulang sekolah. Dari uraian di atas faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar itu diantaranya, minat dan motivasi belajar membaca yang rendah karena dengan membaca akan terbiasa membaca dengan pelafalan bacaan sesuai dengan tanda baca koma, titik, dan huruf kapital. Faktor selanjutnya kemampuan visual memori yang lemah, dimana peserta didik kesulitan dalam mengungkapkan gagasannya. Faktor lainnya, kondisi lingkungan sekitar, dimana peserta didik selalu mengutamaakan bermain yang cenderung saran dari orangtua tidak didengarkan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Kesulitan menulis, Kerangka sederhana, Peserta didik.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This research is motivated by </em><em>the existence of students who are still unable to write simple essays, various problems faced by students are very diverse such as, there is a sense of confusion to determine the title of the essay, repeating sentences to make it look long, it is difficult to put ideas and ideas into written form, and the use of inappropriate punctuation. This study aims to find out how the analysis of the difficulty of writing simple essays in grade V students at SDN Sukamenak Indah. This study used a </em><em>qualitative descriptive approach. The results of the study conveyed </em><em>the analysis of the Difficulty of Writing Simple Essays in Class V Students of SDN Sukamenak Indah that students, more in the difficulty of expressing thoughts in writing, difficulties in using punctuation, difficulties in determining titles, Therefore, teachers exemplify simple essays and provide stimulus to students with additional learning before going home from school. From the description above, factors that affect learning difficulties include, low interest and motivation to learn to read because by reading you will get used to reading with reading pronunciation according to punctuation commas, periods, and capital letters. The next factor is weak visual memory skills, where learners have difficulty in expressing their ideas. Another factor, the condition of the surrounding environment, where students always prioritize playing which tends to be advice from parents is not listened to.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Difficulty writing, Simple outline, Learners.</em></p> Sri Noviandini Ispandi, Dudung Suryana, Deni Chandra Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22725 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis implementasi hidden curriculum dalam pembentukan karakter peserta didik (studi kasus SDN 3 Sukasari) https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22646 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Education aims to develop the character of students to become better individuals. However, in fact the very rapid development of technology has an impact on various aspects such as the character crisis that occurs in the world of education which is increasingly complex, namely the occurrence of violence, bullying and so on which tarnish the word of education. This research was conducted at SDn 3 Sukasari. the aim of this research is to analyze the implementation of the hidden curriculum as a school characteristic and its impact on student character, especially religious character and responsibility. The research method is a descriptive qualitative approach with analytical techniques and case study methods. Data collection in this research used observation, documentation and interview methods. Base on the research results found, it shows that the implementation of the hidden curriculum at SDN 3 Sukasari has 3 organizztional variables, social system variables, cultural system variables. The hidden curriculum at SDN 3 Sukasari is running well, this has an impact on the formation of students’ character. Many of these characters are formed from habituation activies such as activities as midday prayers, midday prayers in congregation, reading short letters from the al-quran, celebrating Islamic holidays, and other activities that shape students’ character. Religious character is shown by students’ obedience to always carry out the commands of Allah SWT. The character of student responsibility is shown by the student;s responsibility to carry out the activities and tasks given.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Keywords:</strong> <em>Hiden Curriculum, Implementation, Character</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan karakter peserta didik agar menjadi individu yang lebih baik. Namun nyatanya perkembanagan teknologi yang sangat cepat membawa dampak terhadap berbagai aspek seperti krisis karakter yang terjadi di dunia pendidikan semakin kompleks yaitu terjadinya kekerasan, <em>bullying</em> dan lain-lain yang mencoreng dunia pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Sukasari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi <em>hidden curriculum</em> sebagai karkteristik sekolah serta dampaknya terhadap karakter siswa terutama karaker religius dan tanggung jawab. Metode penelitian yaitu pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik analisis dan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa Dalam pelaksanaan <em>hidden curriculum</em> di SDN 3 Sukasari memiliki 3 variabel organisasi, variabel sistem sosial, variabel sistem budaya. Hidden curriculum di SDN 3 Sukasari berjalan dengan baik hal ini berdampak dalam pembentukan karakter peserta didik. Karakter tersebut banyak terbentuk dari kegiatan pembiasaan seperti kegiatan seperti shalat dhuha, kultum, shalat dzhur berjamaah, membaca doa, membaca surat pendek al-quran, perayaan hari besar islam, dan kegiatan lain yang membentuk karakter siswa. Karakter religius ditunjukan dengan adanya kepatuhan siswa untuk senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT. Karakter tanggung jawab sisiwa ditunjukan dengan adanya tanggung jawab siswa untuk menjalankan kegiatan dan tugas yang diberikan.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> <em>Hidden Curriculum, </em>Implentasi, Karakter</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Rita Apriliani Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22646 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Monotun: monopoli pantun sebagai media pembelajaran di kelas V sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22675 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>This research aims to develop monotun media for learning to write rhymes in class V elementary school. With this research, we can find out the process of developing monotun media, determine the suitability of the media and user responses to monotun media, and find out the evaluation of monotun learning media on rhyme writing material in class V elementary school. This research is<em>research </em>and development (R&amp;D) with the ADDIE model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation.This research was carried out at SDN 5 Mekarsari, Banjar City involving class teachers and 46 class V students. Data collection techniques in this research were interviews, observation, questionnaires and documentation studies. The data analyzed is in the form of qualitative and quantitative data. Qualitative data was obtained from interviews, comments and suggestions from experts. Quantitative data was obtained from expert assessment scores and user questionnaires. The results of the expert validation test get an average value 89.1% category is very good or very suitable for use. Then the response from users in the first trial from a teacher got a percentage of 100% and the assessment from 22 students got an average score of 99.64%. In the second trial, two teachers got a percentage of 100% and the assessment of 46 students got an average score of 96.81%. It can be concluded that monotunal media in learning to write rhymes is suitable for use in learning.</p> <p><strong>Keywords</strong>: Media, Writing, Poem.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> Intan Permatasari, Erwin Rahayu Saputra, Dwi Alia Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22675 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin peserta didik kelas VI A SDN 3 Tugu Kecamatan Cihideung https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22659 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>Schools as a place to realize national education goals have an important role in educating the character of students. The task of teachers in schools is not only to teach related knowledge but also to shape students' attitudes and behavior, one of which is disciplinary character. The purpose of this research is to determine student discipline and the role of teachers in disciplining students. The method used in this research is a descriptive qualitative method. Data collection techniques were obtained through interviews, observation and documentation. Based on research results, student discipline is in the medium category, where students are still not completely orderly during the learning process, such as liking to chat and joke, and when obeying rules, such as not implementing class rules. The teacher's task in disciplining students is to familiarize themselves with order in every activity carried out at school, such as being solemn during the flag ceremony, and praying before and after studying. The role of the teacher in carrying out this task is as a role model, the teacher provides an example in punctuality, how to dress, as well as in behavior and speech. As a supervisor, the teacher directs/guides students to be able to comply with every activity carried out at school. And as a motivator, teachers provide advice and encouragement to students in learning and outside of learning.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Keywords: Teacher's Role, Implementation, Student Discipline</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Sekolah sebagai tempat mewujudkan tujuan pendidikan nasional mempunyai peran penting dalam mendidik karakter peserta didik. Tugas guru di sekolah tidak hanya mengajarkan terkait dengan pengetahuan saja tetapi juga dapat membentuk sikap dan perilaku peserta didik, salah satunya karakter disiplin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kedisiplinan peserta didik serta peran guru dalam mendisiplinkan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kedisiplinan peserta didik berada pada kategori sedang, dimana peserta didik masih belum sepenuhnya tertib saat proses pembelajaran seperti suka mengobrol dan bercanda, serta saat mematuhi peraturan seperti tidak melaksanakan tata tertib kelas. Tugas guru dalam mendisiplinkan peserta didik yaitu dengan membiasakan tertib pada setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, seperti khidmat saat upacara bendera, dan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Adapun peran guru dalam melaksanakan tugas tersebut yaitu sebagai teladan guru memberikan contoh dalam ketepatan waktu, cara berpakain, serta dalam bersikap dan bertutur kata. Sebagai pembimbing guru mengarahkan/membimbing peserta didik untuk dapat mematuhi setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Dan sebagai motivator guru memberikan nasihat dan semangat kepada peserta didik dalam belajar juga di luar pembelajaran.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Peran Guru, Implementasi, Disiplin peserta didik.</p> Ima Rismawati, Cece Rakhmat, Fajar Nugraha Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/22659 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh media smart box berbasis digital terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran pendidikan pancasila https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/26660 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Smart Box berbasis digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas III, penelitian dilakukan di SDN 3 Blimbing Kidul. Hasil belajar pendidikan pancasila peserta didik kelas III masih tergolong rendah, yang sudah mencapai KKTP ada 9 peserta didik atau 25%, sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKTP ada 26 peserta didik atau 75%. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif dalam bentuk Pre- Experimen Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini One- Group pretest-posttest design, dalam penelitian ini terdapat satu kelompok eksperimen. Berdasarkan analisis data dengan menguji normalitas, serta hasil Post-test di kelas eksperimen mencapai 0.198, dilanjutkan dengan uji t yang menunjukan nilai sig sebesar 0.000, yang lebih kecil dari 0.05. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media smart box berbasis digital secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas III. Media smart box berbasis digital memberikan efek yang baik dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila di kelas III dibandingkan dengan pembelajaran konvesional.</p> <p>&nbsp;</p> <p><br>Kata Kunci: Media Smart Box Berbasis Digital, Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar.</p> Aura Sukmawati, Dhina Cahya Rohim, Moh. Aris Prasetiyanto, Septina Rahmawati, Manggalastawa Manggalastawa Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/26660 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD 060827 Medan pada materi bangun ruang https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/26633 <p>Kemampuan pemahaman konsep adalah sebuah kompetensi dimana harus dikuasai siswa kelas IV SD dalam mata pelajaran matematika dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini agar dapat mengetahui&nbsp; kemampuan pemahaman pada siswa kelas IV.</p> <p>&nbsp;Siswa cenderung sulit memahami materi bangun ruang karena kurangnya kemampuan siswa belajar aktif disebabkan guru masih kurang efektif dalam menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti dapat menjelaskan dan memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pada kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang.</p> <p>&nbsp;Berdasarkan penelitian diperoleh hasil skenario pembelajaran kemampuan pemahaman konsep pada siswa SD kelas IV melalui peningkatan persentase ketuntasan siswa yang signifikan dari jumlah hasil&nbsp; 62% golongan kurang baik menjadi 82% pada hasil&nbsp; golongan sangat baik.</p> <p>&nbsp;Respon guru menyatakan peneliti sangat baik dalam mengajar kemampuan pemahaman melalui model soal cerita. Respon siswa menyatakan sangat menyenangkan karena siswa mampu mempelajari bangun ruang berdasarkan kejadian yang telah dihadapi siswa pada kehidupannya. Kesulitan siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam kemampuan pemahaman konsep terdapat pada indikator pemahaman konsep dalam pemahaman konsep bangun ruang balok.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bangun Ruang, Matematika.</strong></p> <p>&nbsp;</p> Sarah Putri Amelia, Putri Andika, Amelia Jahma, Dea Jufani Sinaga, Linda Febriani, Ramadhani Ramadhani Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/26633 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengembangan media kartu kuartet sifat-sifat bangun ruang untuk peserta didik kelas V sekolah dasar https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/20350 <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan media kartu kuartet sifat-sifat bangun ruang untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research (EDR) dengan model McKenney &amp; Reeves yang terdiri dari analisis dan eksplorasi, desain dan kontruksi, serta evaluasi dan refleksi. Penilitian ini meperoleh penilaian melaui tahap validasi produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 90% dengan kriteria “Sangat Baik” dan ahli media mendapatkan persentase 94% dengan kriteria “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan hasil validasi produk media kartu kuartet dikatakan layak untuk diuji cobakan, selanjutnya tahap uji coba produk dilakukan sebanyak dua kali. Hasil Uji coba pertama di kelas V A respon peserta didik mendapatkan persentase 93,07% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan respon guru 92,8% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Selanjutnya, uji coba kedua di kelas V B respon peserta didik mendapatkan persentase 94,61% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan respon guru 90,67% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga produk akhir pada penelitian ini adalah media kartu kuartet berisi materi sifat-sifat bangun ruang untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar yang disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran. Diharapkan media kartu kuartet menjadi opsi pemilihan media pembelajaran pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar karena layak digunakan sebagai media pembelajaran.</p> Dena Maulani, Karlimah Karlimah, Ika Fitri Apriani Copyright (c) 2024 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/20350 Thu, 02 Jan 2025 00:00:00 +0000