Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Open Menu
Home
Current
Archives
Announcements
About
About the Journal
Submissions
Editorial Team
Privacy Statement
Contact
Search
Search
Register
Login
Search
Search
Home
/
Archives
/
Vol. 7 No. 6 (2024)
Vol. 7 No. 6 (2024)
Published:
2024-11-30
Articles
Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan berfikir krearif siswa kelas IV sekolah dasar
Putri Handayani,
PGSD IKIP Siliwangi, Indonesia
Anugrah Ramadhan Firdaus,
IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman No. 3, Cimahi, Indonesia, Indonesia
Cucun Sutinah,
IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jenderal Sudirman No. 3, Cimahi, Indonesia, Indonesia
1010-1018
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.24501
PDF
Downloaded: 11 times
Peningkatan kreativitas siswa sekolah dasar dalam pelatihan pembuatan motif batik ecoprint
Royana Nafisa Sabiela,
Universitas Muria Kudus, Indonesia
Wasis Wijayanto,
Indonesia
1019-1024
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22891
PDF
Downloaded: 11 times
Penerapan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD Muhammadiyah 22 Sruni
Alfika Ardi Ningrum,
Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Yunus Aris Wibowo,
Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Widyaningrum Yudi Rahayu,
SD Muhammadiyah 22 Surakarta, Indonesia
1025-1033
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22880
PDF
Downloaded: 18 times
Pembelajaran daring matematika materi pecahan kelas III sekolah dasar menggunakan model pembelajaran kontekstual
Wiwin Winingsih,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
Duhita Savira Wardani,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
1034-1042
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.8625
PDF
Downloaded: 8 times
Analisis kesulitan belajar pembagian pada peserta didik kelas IV SDN 3 Tugu
Muhammad Habib Al Warid,
Universitas Perjuangan, Indonesia
1043-1049
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20454
PDF
Downloaded: 5 times
Penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 20 Palu
Azizah Thalib,
Universitas Tadulako, Indonesia
Ainul Mardiyah ,
Universitas Tadulako, Indonesia
Asriani,
Universitas Tadulako, Indonesia
Zulnuraini,
Universitas Tadulako, Indonesia
1050-1060
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.26141
PDF
Downloaded: 9 times
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V sekolah dasar pada pembelajaran IPS materi masalah sosial dengan menggunakan model problem based learning
Devani Rahayu Putri,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Muhammad Ghiyats Ristiana,
IKIP Siliwangi, Indonesia
Sofyan Nur Mahardika,
Indonesia
1061-1069
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22810
PDF
Downloaded: 2 times
Penerapan model visual auditori kinestetik (VAK) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam seni tari pada siswa kelas V sekolah dasar
Nana Sumarna,
SD Negeri Margaluyu, Indonesia
Siti Ruqoyyah,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
Uus Kuswendi,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
1070-1079
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.19971
PDF
Downloaded: 7 times
Analisis kebutuhan pengembangan aplikasi untuk mobile learning bermuatan SDGs tema air bersih dan sanitasi layak di sekolah dasar
Nina Risyani,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Ghullam Hamdu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Asep Nuryadin,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
1080-1086
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.23036
PDF
Downloaded: 6 times
Penggunaan metode mind mapping dalam keterampilan menulis teks eksplanasi di SD
Siti Megayati,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dian Indihadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu Saputra,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
1087-1090
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20033
PDF
Downloaded: 2 times
Analisis problematika pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan di sekolah dasar
Tita Kusmaya,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Seni Apriliya,
Indonesia
Dwi Alia,
Indonesia
1091-1097
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22866
PDF
Downloaded: 3 times
Pembelajaran daring untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sukamukti melalui model PQ4R
Andi Andi,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
Ronny Mugara,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
1098-1102
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20573
PDF
Downloaded: 5 times
Analisis miskonsepsi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan melalui tes essay tertulis disertai CRI di kelas V sekolah dasar
Syifa Febrianti Rahmawati,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Karlimah Karlimah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Agnestasia Ramadhani Putri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
1103-1110
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20843
PDF
Downloaded: 8 times
Penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V SD
Siti Lutpiah,
Indonesia
D. Fadly Pratama,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
Medita Ayu Wulandari,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
1111-1116
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.19598
PDF
Downloaded: 6 times
Pembelajaran mandiri melalui model flipped classroom berbantuan google sites pada materi kenampakan alam kelas V sekolah dasar
Shifa Fadhilah S.R,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dindin Abdul Muiz Lidinillah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Asep Nuryadin,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
1117-1124
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20112
PDF
Downloaded: 5 times
Penggunaan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPS pada siswa kelas V sekolah dasar
Nuraeni Nuraeni,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
Galih Dani Septyan Rahayu,
PGSD IKIP SILIWANGI,
Faridillah Fahmi Nurfurqon,
PGSD IKIP SILIWANGI, Indonesia
1125-1135
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.18373
PDF
Downloaded: 4 times
Implementasi model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SDN Tlogosari Kulon 01
Adiar Ismohandoyo,
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, Indonesia
Arfilia Wijayanti,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Suyari Suyari,
SD Negeri Tlogorasi Kulon 01, Indonesia
1136-1142
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.23022
PDF
Downloaded: 6 times
Penerapan model survey, question, read, recite, review (SQ3R) berbantuan aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar kelas IV
Yeni Nurhasanah,
IKIP SILIWANGI, Indonesia
Ruli Setiyadi,
IKIP SILIWANGI, CIMAHI, Indonesia
Evi Susanti,
IKIP SILIWANGI, CIMAHI, Indonesia
1143-1150
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.24903
PDF
Downloaded: 10 times
Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD
Devi Hartiani,
PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta, Indonesia
Hafiziani Eka Putri,
PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta, Indonesia
Sofyan Iskandar,
PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta, Indonesia
1151-1157
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20087
PDF
Downloaded: 2 times
Praksis pendidikan multikultural di SDN 2 Tonusu Kabupaten Poso
Nashrullah Nashrullah,
Universitas Tadulako, Indonesia
Yun Ratna Lagandesa,
Universitas Tadulako, Indonesia
Kadek Hariana,
Universitas Tadulako, Indonesia
Sisriawan Lapasere,
Universitas Tadulako, Indonesia
1158-1165
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.26083
PDF
Downloaded: 4 times
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas I
Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika di Kelas I SDN 6 Nagrikaler
Yena Yulianti,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Hafiziani Eka Putri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Fitri Nuraeni,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
1166-1174
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20089
PDF
Downloaded: 3 times
Media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas 2B SD Inpres Perumnas
Hairun Nisa,
Universitas Tadulako, Indonesia
Azizah Azizah,
Universitas Tadulako, Indonesia
Samsu Alam,
SD Inpres Perumnas Palu, Indonesia
1175-1180
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.26271
PDF
Downloaded: 5 times
Penerapan quizizz dalam bentuk QR-Code pada siswa kelas IV untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS
Sabrina Asni Widyastuti,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Henry Januar Syahputra,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
1181-1189
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22997
PDF
Downloaded: 3 times
Pembelajaran daring materi ruas garis bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas 2 SDN 243 Cicabe dengan pendekatan realistik berbantuan video
Elin Herlina,
SDN 243 Cicabe,
Jajang Bayu Kelana,
PGSD IKIP Siliwang, Indonesia
1190-1198
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.8905
PDF
Downloaded: 5 times
Penguatan gerakan literasi sekolah melalui program pembiasaan one day one book di sekolah dasar
Amalia Rahmatika,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Syarip Hidayat,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Dwi Alia,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
1199-1206
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20441
PDF
Downloaded: 2 times
Article Template
New Template 2024
---- Main Menu ----
Editor Team
Peer-Reviewers
Peer Review Process
Focus and Scope
Publication Ethics
User Rights
Publishing System
Author Guidelines
Author Fees
Indexing Site
Recomended Tools
Supervised By