UPAYA DOSEN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI FAKTOR DETERMINATIF DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI WIRAUSAHA MAHASISWA IKIP SILIWANGI
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.1017Kata Kunci:
Dosen, Kewirausahaan, Motivasi WirausahaAbstrak
Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama men-transformasikan, mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kemampuan dosen kewirausahaan sebagai faktor determinatif dalam menumbuhkan motivasi wirausaha mahasiswa harus memiliki kompetensi kewirausahaan dan kepribadian yang baik. Upaya untuk meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa yakni dapat dilakukan dengan cara pembuatan pusat studi kewirausahaan kampus seperti koperasi mahasiswa, koperasi mahasiswa ini diharapkan akan banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan seperti : seminar, pelatihan, loka karya, praktek usaha, kerjasama usaha, dll. Kemudian dalam hal peningkatan Dosen sebagai tenaga pendidik ini dapat dilakukan dengan melalui berbagai cara, diantaranya sebagai berikut:1) Program pelatihan kewirausahaan untuk tenaga pendidik, 2) Program seminar, workshop, lokakarya kewirausahaan.3) Program pemagangan dosen di dunia usaha,4) Program sarasehan dengan mitra usaha,5) Program pembinaan dan pendampingan dosen baru.
Referensi
Alma, B. (2013). Kewiraushaan. Bandung: ALFABETA.
Ansori. (2014). Model Pengembangan Kewirausahaan Santri Melalui Pondok Pesantren Berbasis Budaya Agribisnis Tanaman Palawija. Didaktik, 7.
Anwas, O. M. (2014). Pemberdayaan masyarakat di era global. Bandung: Alfabet.
Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). COMMUNITY EDUCATION IN THE DEVELOPMENT OF THE COMMUNITY. Empowerment, Vol 7 (1), 25-35.
Astim R, A. (2013). Kapita Selekta Kewirausahaan. Bandung: YAPEMDO Bandung.
Bustami, Murniati, & Harun, C. Z. (2010, November). Manajemen Pendidikan PAUD Al-Fath Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1(2), 1-12.
Christianingrum, E. R. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN. Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 49.
depkop. (2017, 12 6). ratio wirausaha. Dipetik 12 6, 2017, dari www.depkop.go.id.
Fatimah, D. F., & Romah, N. (2016, November). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 247-273.
Fitriana, W., & Mulyono, D. (2019). IMPLICATION OF INTERNSHIP III PROGRAMS ON SOCIAL COMPETENCY OF SILIWANGI IKIP PENMAS STUDENTS. P2M STKIP Siliwangi, 6(1), 14-20.
Febriyanto. (2015). STRATEGI PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA. Jurnal Bisnis Darmajaya, 108.
Firman. (2010). Kebijakan Perijinan Lahan. Jakarta: Lubuk Agung.
Gunawan, I., & Benty, D. N. (2017). Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
HIMPAUDI. (2010, Agustus 3). Tugas dan Fungsi HIMPAUDI. Retrieved April 12, 2018, from HIMPAUDI: http://himpaudi.or.id/tujuan-dan-fungsi/
Indrayana. (2013, Juli 22). HIMPAUDI - Tata Kerja. Retrieved Maret 12, 2018, from SCRIBD: https://id.scribd.com/doc/9628179/Himpaudi-Tata-Kerja
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Informal. Semarang: P2PNFI Regional II.
Kintamani, I. (2015). Perkembangan pendidikan tahun 2008/2009-2013/2014. Jakarta : Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaaan.
Karwati, L., Ansori, A., & Mulyono, D. (2018). Women Empowerment to Build Entrepreneurship. Journal of Nonformal Education, 4(2), 169-176.
Mediawati, E. (2010). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN, 135.
Melianysari. (2013, Juni 22). Petunjuk dan Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Retrieved Oktober 5, 2017, from SCRIBD: https://id.scribd.com/document/375290668/1-Juknis-Penyelenggaraan-KB-doc
Moleong, L. J. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono, D. (2018). THE STRATEGY OF MANAGERS IN MOVING BUSINESS LEARNING GROUP PROGRAM IN PKBM SRIKANDI CIMAHI CITY. Journal of Educational Experts (JEE), Vol. 1 (1), 41-50.
Nuraeni, L., & Santana, F. D. (2015). Persepsi, Pola Pengasuhan, Dan Peran Sertakeluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini(Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160-168.
Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2015, Agustus). Pengelolalaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di KB “CERDAS†Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Penelitian Humaniora, 16(2), 59-69.
Rosalind, S. (2012). 59 KEPRIBADIAN PALING DICARI DAN DISUKAI ORANG DI SELURUH DUNIA. Yogyakarta: Sinar Kejora.
sabir, f. m. (2016). Pengaruh Faktor Motivasi, Komitmen Organisasi dan. Pengaruh Faktor Motivasi, Komitmen Organisasi dan, 40.
Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 27.
Sudjana. (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri. (2017). Manajemen Pembelajaran Berbasis Bilingual Di SMP Muhamadiyah 17 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 1(2), 1-7.
Suyadi. (2012). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tedjawati, J. M. (2011, Januari). Peran HIMPAUDI dalam Pengembangan PAUD. Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 123-133.
Tilaar, H. (2009). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, H. (2009). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widiastuti, N., & Kartika, P. (2017, Oktober). Penerapan Model Kelompok Usaha Kratif Islami (KUKIS) dalam pemberdayaan perempuan berbasis Pondok pesantren. Journal Empowerment Vol 6, No 2, 6, 4.
Yuniarsih, T., & Suwatno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Zaenab, S. (2015, Maret). Pengembangan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan, 24(5), 383-391.
Ratio Wirausaha. [Online]. Tersedia http://www.depkop.go.id/content/read/ratio-wirausaha-indonesia-naik-jadi-31-persen/. Diakses pada tanggal 6 desember 2017
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.