PELATIHAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL SKILL PADA SISWA DIKTUK BA POLRI DALAM MEMBENTUK POLISI MAHIR, TERPUJI, PATUH HUKUM DAN UNGGUL DI SPN POLDA JABAR

Authors

  • Ramat Rahmat IKIP Siliwangi
  • Ansori Ansori IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v7i3.12068

Keywords:

Interpersonal Skill, Polri, Pelatihan

Abstract

Interpersonal Skill menjadi keterampilan seseorang yang melekat pada setiap pribadi dalam persentuhannya dengan masyarakat (baik individu maupun kelompok) termasuk bagi para siswa Diktuk Polri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari pelatihan  keterampilan Interpersonal Skill siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif ini digunakan untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian yang telah ditemukan dari lapangan dan dianalisis dengan menggunakan beberapa teori yang relevan. Penelitian ini dilaksanakan di SPN POLDA Jawa Barat yang beralamat di Jambudipa, Cisarua, Jambudipa, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551. dengan partisipan yaitu 150 siswa Diktuk BA Polri. hasil dari penelitian ini yaitu pelatihan keterampilan Interpersonal Skill dapat membentuk polisi yang mahir, terpuji, patuh hukum dan unggul dengan hasil evaluasi dari pelatihan yang menunjukan11 orang siswa memperoleh nilai dibawah atau sama dengan 60 dengan predikat cukup dan persentase 7,3%,50 orang siswa memperoleh nilai 75-80 dengan predikat baik presentase 33,3%, 53 orang siswa memperoleh nilai 81-85 dengan predikat memuaskan dan persentase 35,3% dan terakhir 36 siswa memperoleh nilai diatas atau sam dengan 86 dengan predikat sangat memuaskan dan presentase 24,0%. jika dilihat secara keseluruhan siswa telah mencapai keterampilan Interpersonal Skill dengan memuaskan, dan hal tersebut diharapkan dapat mewujudkan SDM polri yang mahir, terpuji, patuh hukum dan unggul.

Author Biographies

Ramat Rahmat, IKIP Siliwangi

Pendidikan Masyarakat

Ansori Ansori, IKIP Siliwangi

Pendidikan Masyarakat

References

Branata SA. 2005. Pendidikan Anak-anak Terbelakang. Bandung. Masa Baru

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Hardjati, S., & Febrianita, R. (2019). The power of interpersonal communication skill in enhancing service provision. Journal of Social Science Research, 14, 3192-3199.

Paring, S. (2018). Evaluasi Program Pelatihan Manajemen (Management Training) Level I Pada Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Polri Di Kota Sukabumi Jawa Barat. Visipena Journal, 9(4), 1.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 2. Efendi, Y. K. (2017). Pelaksanaan Program Pendidikan Pelatihan Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Ilmiah Kependudukan, X(2), 1–18. https://media.neliti.com/media/publications/144496-ID-pelaksanaan-program-pendidikan-pelatihan.pdf

Perkap No 14 Tahun 2015 Tentang Sistem Pendidikan Polri dalam http:// ntb.polri.go.id/wp-content/uploads/2018/02/73.-perkap-no-14-tahun-2015-ttg-si stem- pendidikan-kepolisian-negara-republik-indonesia.pdf.

Puspitasari, P. W., & Pd, S. (2019). Identitas buku reformasi birokrasi polri.

Robinson. 1981. Child Development. New York: Holt Rinehart. Tsuroyah,

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Cv.

Downloads

Published

2024-12-09