PELATIHAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL SKILL PADA SISWA DIKTUK BA POLRI DALAM MEMBENTUK POLISI MAHIR, TERPUJI, PATUH HUKUM DAN UNGGUL DI SPN POLDA JABAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/commedu.v7i3.12068Keywords:
Interpersonal Skill, Polri, PelatihanAbstract
Interpersonal Skill menjadi keterampilan seseorang yang melekat pada setiap pribadi dalam persentuhannya dengan masyarakat (baik individu maupun kelompok) termasuk bagi para siswa Diktuk Polri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari pelatihan keterampilan Interpersonal Skill siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif ini digunakan untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian yang telah ditemukan dari lapangan dan dianalisis dengan menggunakan beberapa teori yang relevan. Penelitian ini dilaksanakan di SPN POLDA Jawa Barat yang beralamat di Jambudipa, Cisarua, Jambudipa, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551. dengan partisipan yaitu 150 siswa Diktuk BA Polri. hasil dari penelitian ini yaitu pelatihan keterampilan Interpersonal Skill dapat membentuk polisi yang mahir, terpuji, patuh hukum dan unggul dengan hasil evaluasi dari pelatihan yang menunjukan11 orang siswa memperoleh nilai dibawah atau sama dengan 60 dengan predikat cukup dan persentase 7,3%,50 orang siswa memperoleh nilai 75-80 dengan predikat baik presentase 33,3%, 53 orang siswa memperoleh nilai 81-85 dengan predikat memuaskan dan persentase 35,3% dan terakhir 36 siswa memperoleh nilai diatas atau sam dengan 86 dengan predikat sangat memuaskan dan presentase 24,0%. jika dilihat secara keseluruhan siswa telah mencapai keterampilan Interpersonal Skill dengan memuaskan, dan hal tersebut diharapkan dapat mewujudkan SDM polri yang mahir, terpuji, patuh hukum dan unggul.
References
Branata SA. 2005. Pendidikan Anak-anak Terbelakang. Bandung. Masa Baru
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Hardjati, S., & Febrianita, R. (2019). The power of interpersonal communication skill in enhancing service provision. Journal of Social Science Research, 14, 3192-3199.
Paring, S. (2018). Evaluasi Program Pelatihan Manajemen (Management Training) Level I Pada Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Polri Di Kota Sukabumi Jawa Barat. Visipena Journal, 9(4), 1.
Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 2. Efendi, Y. K. (2017). Pelaksanaan Program Pendidikan Pelatihan Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Ilmiah Kependudukan, X(2), 1–18. https://media.neliti.com/media/publications/144496-ID-pelaksanaan-program-pendidikan-pelatihan.pdf
Perkap No 14 Tahun 2015 Tentang Sistem Pendidikan Polri dalam http:// ntb.polri.go.id/wp-content/uploads/2018/02/73.-perkap-no-14-tahun-2015-ttg-si stem- pendidikan-kepolisian-negara-republik-indonesia.pdf.
Puspitasari, P. W., & Pd, S. (2019). Identitas buku reformasi birokrasi polri.
Robinson. 1981. Child Development. New York: Holt Rinehart. Tsuroyah,
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Cv.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Comm-Edu (Community Education Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.