PENDAMPINGAN PEMBUATAN KONTEN DALAM PEMBELAJARAN ILMU FIQIH BERBASIS PLATFORM TIK TOK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SANTRI MDTA

Authors

  • Rima Febrianti IKIP Siliwangi
  • Dinno Mulyono IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v7i3.12677

Keywords:

Pendampingan, media pembelajaran berbasis aplikasi Tik Tok, Kreativitas, Madrasah

Abstract

Penggunaan Tik tok sebagai media pembelajaran adalah latar belakang dari penelitian kali ini, dengan tujuan bahwasanya dengan pemanfaatan media yang terbarukan melalui media digital berbasis platform Tik Tok bisa mengefektifkan proses pembelajaran serta dapat meningkatkan daya kreativitas masing-masing dari siswa. Sampel yang diambil berjumlah 5 anak, terdiri dari anak-anak berumur sepuluh tahun di kelas Salahudin Al Ayubi TPQ Majis Darut Tauhid Al Ihsan Padalarang.  Metode penelitian kali ini menggunakan metode kualitatif deskripsif, dengan hasil mengamati, mendampingi, mendokumentasi serta wawancara terdapat hasil yang bisa disimpulkan dengan tahapan-tahapan yang telah dilalui. Pentingnya penelitian ini, karena banyaknyaa penggunaan aplikasi tik tok dalam berbagai usia, di usia anak-anak ini, diteliti untuk cara meningkatkan kreativitas melalui hal yang disukai anak-anak dalam proses pembelajaran dengan pendampingan pembuatan konten. 

References

Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431, 431–440.

Aji, W. N. (2020). APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. METAFORA, 6, 2407–2400.

Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review : pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236–248.

Ani Cahyadi. (2019). Pengembangan media dan SUMBER BELAJAR UlN ANTASARI Teori dan Prosedur. In I. M Asy Syauqi (Ed.), Pengembangan media dan SUMBER BELAJAR UlN ANTASARI Teori dan Prosedur (Cetakan 1). Penerbit Laksita Indonesia.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.

Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175–180. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/42085/17450

Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat Menghadapi Digitalisasi (S. Musa (ed.); First). El-Markazi.

Nurhayati, S., Masri, A., & Falah, N. (2020). Implementasi Workshop Literasi Digital Dalam. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 348–359. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2457

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian pendidikan Deskriptif oleh Tjutju Soendari. Metode Penelitian Deskriptif, 2(2), 15–23.

Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s Competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(2), 127–138. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i2.3468

Utami, S. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK PADA MATA PELAJARAN PKn DI SDN No. 77 KANAENG KECAMATAN GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR SKRIPSI. 77.

Downloads

Published

2024-12-09