PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DENGAN METODE ANAK HEBAT (AHE) DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR AHE BRILLIANT KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.13800Keywords:
Peran Pendidik, Kemampuan Membaca Pada Anak, Metode AHEAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran pendidik dan apa saja faktor pendukung dan penghambat peran pendidik dalam dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak dengan metode Anak Hebat (AHE) di Lembaga Bimbingan Belajar AHE Brilliant Kabupaten Karawang. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan kesulitan membaca yang dialami oleh anak, maka pendidik diharuskan untuk berpikir kembali bagaimana caranya agar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam hal membaca tanpa merasa terbebani. Adanya kesulitan membaca pada anak akan berpengaruh pada proses pembelajaran yang akan dilakukan oleh anak. Selain itu, kesulitan membaca juga akan mempengaruhi aspek-aspek emosional dan psikologi pada anak di perkembangan selanjutnya. Sehingga, diperlukan adanya pembimbing dan pembinaan secara rutin kepada anak oleh pendidik yang berpengalaman dalam mendidik anak yang mengalami kesulitan membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah lima orang, terdiri dari satu ketua lembaga, dua pendidik/guru, dan dua orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi data yang dikumpulkan kemudian disintesiskan dan disusun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) peran pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak dengan metode Anak Hebat (AHE) di Lembaga Bimbingan Belajar AHE Brilliant sudah dilaksanakan dengan cukup baik, sesuai dengan teori yang membahas tentang peran pendidik, dan (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat peran pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak dengan metode Anak Hebat (AHE) yaitu terdiri dari sarana dan prasarana, komunikasi yang terjalin baik antara pendidik dan anak, lingkungan belajar yang baik dan nyaman, lalu bentuk partisipasi peran pendidik dalam proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, serta faktor pendukung dan penghambat lainnya seperti keterampilan pendidik yang sudah memiliki lisensi, motivasi belajar dan semangat anak, serta strategi dan metode pembelajaran yang digunakan.
Â
Â
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.