KONTRIBUSI KOMUNITAS HAYU MACA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KOTA CIMAHI

Authors

  • Marliah Marliah IKIP SILIWANGI
  • Prita Kartika

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1516

Keywords:

kontribusi, pendidikan karakter, anak usia dini

Abstract

Kontribusi Komunitas Hayu Maca dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Kota Cimahi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kontribusi yang dilakukan Komunitas Hayu Maca dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini, (2) untuk mengetahui bagaimana cara menstimulasi agar anak memiliki sikap moral yang baik melalui kegiatan Komunitas Hayu Maca, (3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kegiatan Komunitas Hayu Maca. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah metode deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, angket dan observasi. Sumber data penelitian ini adalah anak-anak usia dini yang hadir sebagai peserta di kegiatan Komunitas Hayu Maca sebanyak 20 orang dengan pengelola sebanyak 3 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa wawancara, pedoman angket dan observasi. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik pengolahan data kualitatif deskriptif dengan teknik presentasi. Hasil penelitian menunjukan 90% anak memiliki karakter yang baik melalui kegiatan membaca, mendongeng dan berbagi. Dengan kegiatan ini diharapkan generasi selanjutnya akan dapat membangun karakter cerdas melaksanakan intellectual development, psikomotor dan kinesthetic development, affective and creativity development. Berkaitan dengan norma-norma atau nilai yang akan di kembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kegiatan yang mengandung nilai karakter tidak hanya terdapat pada tatanan kognitif, tetapi menyentuh pengalaman nyata di kehidupan sehari-hari, diharapkan nanti menjadi budaya dalam dunia anak. Kegiatan bermain berkelompok di lingkungan outdoor dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal anak. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kontribusi Komunitas Hayu Maca dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dapat diterima.

References

Abidin. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama, 2012.

Halimah, Leli. 2016. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Falah Production, 2016.

Hasan, Engking S. 2008. Penuntun Penyusunan Proposal Penelitian dan penulisan Skripsi. Bandung : STKIP Siliwangi, 2008.

Kalida, Muhsin. 2012. Fundraising TBM. Yogjakarta : Langkrok Publishing, 2012.

Komar, Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung : Pustaka Setia, 2006.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta : Grasindo, 2008.

Rosmawati, Wiwi. 2013. Pembentukan Karakter Dimulai Sejak Anak Usia Dini. Bandung : Omahima, 2013.

Sudjana, djuju. 2001. Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : Falah Production, 2001.

Syaodih, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010.

Downloads

Additional Files

Published

2018-09-29