IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SELLER DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.17885Keywords:
pemberdayaan perempuan, aplikasi tiktok seller, motivasi berwirausahaAbstract
Penelitian tentang implementasi pemberdayaan perempuan dilakukan melalui kelas pemberdayaan perempuan bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta motivasi berwirausaha. Penelitian ini terbagi menjadi dua poin utama tentang bagaimana implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung implementasi pemberdayaan perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha; faktor penghambat dan pendukung. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan kelas di whatsapp group dengan di ikuti oleh satu orang sebagai pemateri dan enam orang partisipan. Hasil penelitian implementasi pemberdayaan perempuan ini cukup baik. Dikarenakan kelas pemberdayaan perempuan ini merupakan keterampilan yang ingin di pelajari dan  keingintahuan team Hamasah Hijab Muslims sehingga banyak memberikan manfaat untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha. Adapun faktor penghambat implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller adalah pelaksanaan kelas kurang maksimal, penerimaan materi masih kurang, kurangnya rasa percaya diri. Sedangkan faktor penunjang keberhasilan implementasi pemberdayaan perempuan di dukung oleh berbagai faktor yaitu cukup baik minat team Hamasah Hijab Muslims untuk mengikuti kelas dan perangkat yang cukup memadai.
Kata Kunci: pemberdayaan perempuan, aplikasi tiktok seller, motivasi wirausaha
References
Latipah, I. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Media Youtube Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausaha. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 83. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4150
Media, R. (n.d.). Abraham A, Sukses menjadi Artis dengan YouTube , Reform Media, Surabaya, 2011, hlm. 19. 1. 1–25.
Nurzaman, Y., & Widiastuti, N. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN LIFE SKILL TATA BOGA BAGI WARGA BELAJAR KEAKSARAAN (Studi Kasus di PKBM Srikandi Kota Cimahi). Comm-Edu (Community Education Journal), 2(3), 202. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2885
Ratnasari, S., Iip, S., & Ade Sadikin, A. (2021). Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(5), 74–86.
Sidauruk, K. N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TIKTOK sebagai Media Promosi Baru. Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–68.
Sugita, S., & Ansori, A. (2018). Upaya Dosen Kewirausahaan Sebagai Faktor Determinatif Dalam Menumbuhkan Motivasi Wirausaha Mahasiswa Ikip Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 127. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.1017
Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.
Anwas, O. M (2014). Pemberdayaan masyarakat di era global. Bandung : Alfabet.
Esterbag. (2002). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.