PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI DESA SUGIHMUKTI

Authors

  • Tiaranissa Anindita IKIP SILIWANGI
  • Rita Sukarso IKIP SILIWANGI
  • Yayu Karimah IKIP SILIWANGI
  • Aurelia Sakti Yani IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v7i3.18905

Keywords:

Perkembangan Kognitif, Pendidikan Anak, Era Digital

Abstract

Perkembangan kognitif yang maksimal dapat menjadikan anak lebih cerdas dalam kemampuan berpikir, penalaran, keterampilan, dan membuat anak lebih memahami apa yang terjadi di lingkungan sekitar, sehingga memudahkannya dalam memecahkan masalah-masalah sederhana. Namun di era digital saat ini, ilmu parenting juga sudah mengalami banyak pembaharuan salah satunya cara dalam menstimulasi kognitif anak. Hal ini membuat para orang tua harus lebih dapat beradaptasi terhadap teknologi. Tujuan penelitian adalah untuk melihat persepsi orang tua masa kini dalam memberikan gadget untuk membantu dalam perkembangan kognitif anak di usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei untuk orang tua, teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket (Google Form) dan observasi wawancara online. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi orang tua adalah positif, yaitu bahwa gadget dapat membantu dalam perkembangan kognitif anak, namun masih banyak yang harus diperhatikan dalam penggunaan gadget kepada anak usia dini.

References

American Academy of Pediatrics. (2020). Diambil kembali dari Screen Time and Children: https://www.aacap.org/AACAP/Families_and_Youth/Facts_for_Families/FFF-Guide/Children-And-Watching-TV-054.aspx

Asmawati, L. (2022). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 88. doi:10.31004/obsesi.v6i1.1170

Astari, M., & Ramadan, Z. H. (2022). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 232. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1859

Bangsawan, I., Ridwan, & Fauziyah, N. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Din. Jurnal Pendidikan Anak, 37-38.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Martiyana, S. (2022). Persepsi Orang Tua Terhadap Kelanjutan Pendidikan Anak ke Perguruan Tinggi di Desa Tanjung Dalam Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Bengkulu: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2021). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 807.

Purbasari, Y. A., & Suryanto, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Digital Native. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi UMBY, 38-48.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Santoso, J. T. (2022, Juli 2). Diambil kembali dari Universitas STEKOM: https://stekom.ac.id/artikel/sukses-di-era-digital-bagaimana-caranya

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N., & dkk. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-12-09