POLA PENGASUHAN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DIKTUK BINTARA POLRI DI SPN POLDA JAWA BARAT

Authors

  • Faizal Aripin IKIP Siliwangi
  • Ansori Ansori IKIP Siliwangi
  • Novi Widiastuti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v8i1.19002

Keywords:

Pola Pengasuhan, Pembentukan Kepribadian, Siswa Diktuk Bintara Polri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari pola pengasuhan dalam pembentukan kepribadian siswa Diktuk Bintara Polri di SPN Polda Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SPN Polda Jawa Barat dengan jumlah partisipan sebanyak 40 orang informan, yang terdiri dari 2 orang pengasuh dan 38 orang siswa Diktuk Bintara Polri. Partisipan dipilih secara purposive sampling dengan pertimbangan urgensi informasi dan posisi informan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pertanyaan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang mencakup transkip hasil wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi data, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan dilakukan serangkaian kegiatan, yaitu pemilihan pengasuh dan pelaksanaan sertifikasi pengasuh, pelatihan peningkatan kualitas pengasuh, mempersiapkan sarana prasarana yang menunjang kegiatan pendidikan, serta membuat rencana kegiatan pola pengasuhan. Pada tahap pelaksanaan para pengasuh melaksanakan rencana kegiatan pola pengasuhan dengan memberikan perintah, reward, dan punishment pada siswa guna mengubah karakter siswa dari civil society menjadi civillian police dan menumbuhkan kesadaran pada siswa untuk senantiasa berperilaku baik. Selain itu, para pengasuh pun harus memberikan contoh dan menjadi teladan selaku insan bhayangkara, mengawasi pelaksanaan kegiatan siswa, serta mengevaluasi kegiatan pola pengasuhan dan peran pengasuh. Untuk hasil dari pola pengasuhan yang dilakukan oleh para pengasuh memberikan perubahan yang lebih baik pada kepribadian siswa dilihat dari aspek nilai akademik, mental kepribadian, dan kesehatan jasmani siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pola pengasuhan dalam pembentukan kepribadian siswa Diktuk Bintara Polri di SPN Polda Jawa Barat telah sesuai dengan tujuan pengasuhan yang tercantum dalam Keputusan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Nomor Kep/431/VII/DIK.1.1/2019 tentang Pedoman Pengasuhan, Pengenalan Lingkungan, dan Pembinaan Tradisi Peserta Pendidikan Pembentukan Polri.

References

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Baumrind, D. (1967). Child Care Practices Anteceding Three Patterns of Preschool Behavior. Genetic Psychology Monographs, 75 (1), 43-88.

Republik Indonesia. 2002. Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Kepolisian Negara Republik Indonesia. 2019. Keputusan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Nomor Kep/431/VII/DIK.1.1/2019 tentang Pedoman Pengasuhan, Pengenalan Lingkungan, dan Pembinaan Tradisi Peserta Pendidikan Pembentukan Polri. Lemdiklat Polri: Jakarta.

Downloads

Published

2025-03-26