MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM UP2K-PKK DI DESA KAYUAMBON LEMBANG

Authors

  • siti utami nurfadillah IKIPSILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2430

Keywords:

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Program UP2K-PKK

Abstract

Dalam rangka memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya di Desa Kayuambon Lembang, pemerintah menggalakkan program penanggulangan kemiskinan dengan memberikan dukungan anggaran pada APBN maupun APBD agar masyarakat miskin cukup diberdayakan dengan berbagai program-program pemberdayaan seperti program penanggulangan kemiskinan perkotaan (P2KP), program pembangunan kecamatan, dan juga termasuk program upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) .Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran atau data hasil obervasi dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat melalui program UP2K-PKK, selain itu bertujuan Untuk mengetahui gambaran dan efektifitas upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Kayuambon Lembang, Untuk mengetahui Pelaksanaan Program UP2K-PKK di Desa Kayuambon Lembang, dan Untuk mengetahui bagaimana Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Program UP2K-PKK di Desa Kayuambon Lembang.Berangkat dari kondisi, sifat dan rumusan permasalahn sebagaimana diungkapkan pada bagian awal penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya konsep lesejahteraan masyarakat, konsep program UP2K-PKK, dan konsep PLS.Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Pendekatan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 7 kelompok program UP2K-PKK .Lokasi dari Penelitian ini yaitu di Desa Kayuambon Lembang dilaksanakan terhadap Program UP2K-PKK. Hasil penelitian ini adalah Program UP2K-PKK sudah cukup berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kayuambon Lembang. Saran yang di berikan adalah Program UP2K-PKK Desa Kayuambon lembang harus lebih aktif, inovatif dalam melaksanakan program tersebut sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kayuambon Lembang secara merata.

References

Daftar Pustaka

Badan Pusat Statistik, K. B. (2016). Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka. Bandung: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat.

Darmadi, H. (2014:291). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL (Teori Konsep Dasar dan Implementasi). Bandung: Alfabeta, cv.

Mardianto, & Soebianto. (2015 : 6). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Novian, I. (2006 Vol 11). PEMANFAATAN POTENSI MASYARAKAT MELALUI PERAN SERTA MASYARAKAT DI DESA LANGENSARI, KECAMATAN LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Usaha Kesejahteraan Sosial, 73-80.

Pedoman Pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK. (2010). KABUPATEN BANDUNG BARAT.

Sudjana, D. (2010). Pendidikan Non Formal :Wawasan Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung,Serta Asas. Bandung: Falah Prodution.

Sugiyono. (2012:15). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013:248). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, Winarno. (1994:131). Pengantar penelitian ilmiah : dasar, metode, teknik. Bandung: Tarsito.

Terry, G. (2004). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT.Renika Cipta.

Downloads

Published

2019-02-01