Implementasi Program Pelatihan Komputer bagi Warga Belajar Paket C di PKBM Bina Terampil Mandiri Kertawangi

Authors

  • Hani Nurandini Hidayatulloh IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2450

Keywords:

Pelatihan, Warga Belajar, Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk berusaha menjawab permasalahan berkenaan dengan penyelenggaraan program Pendidikan Luar Sekolah terutama dalam program pelatihan komputer bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan warga belajar. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi penyelenggara program Pendidikan Luar Sekolah dalam mencari alternatif dalam menyelenggarakan program yang dapat memberdayakan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan tentang evaluasi pelatihan komputer bagi warga Paket C dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi program komputer bagi warga belajar Paket C. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya konsep program pelatihan komputer, konsep meningkatkan keterampilan, dan konsep PLS. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Lokasi penelitian di PKBM Bina Terampil Mandiri Kertawangi. Hasil evaluasi pelaksanaan program pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan komputer di PKBM Bina Terampil Mandiri telah mampu meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan warga belajar di bidang komputer sehingga dapat berperan dalam mengimbangi perkembangan teknologi serta dapat meningkatkan taraf hidupnya. Namun, dalam pelaksanaan pelatihan masih ditemukan beberapa kendala yang menjadi bahan perbaikan untuk penyelenggaraan berikutnya, di antaranya kurangnya tenaga di bidang teknisi komputer, keterbatasan dana pelatihan, serta masih rendahnya motivasi pada warga belajar untuk mengikuti pelatihan.

References

Atmodiwirio, Soebagio. (2002). Manajemen Pelatihan. Bandung: Ardadizya.

Depdikbud. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Gilley, Jerry W. Ed.D. dan Steven A.England,Ph.D. (1989). Princ iples of Human Resource Development. Lincoln: Addison Publishing Company.

Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kamil, Mustofa. (2009). Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.

Laksana, Y., Sholih, S. & Naim, M. (2017). Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Non-Formal Education and Community Empowermwnt, 1-9.

Nadler, Leonard, (1980). Corporate Human Resources Development: A Management Tool. American: Society for Training and Development.

Robert, L, Graigh, (1996) The ASTD, Training & Development, Handbook, A Guide The Human Resource Development, Mc Graw Hill.

Sudjana, D (2000). Pendidikan Luar Sekolah; Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, serta Azas. Bandung: Falah Production.

Syuhadid, Muhammad. (1996). Administrasi Kepegawaian Negara. Jakarta: Gunung Agung.

Downloads

Published

2019-02-01