PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PROGRAM EKONOMI KOPERASI

Authors

  • Irawan Syarifuddin Daher Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Afra Shafa Ramadlani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i2.27146

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan ekonomi, Koperasi, Industri Kreatif

Abstract

Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan berbasis program ekonomi koperasi merupakan strategi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan sosial masyarakat. Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta, sebagai sentra industri gerabah pada awal berdirinya menghadapi tantangan seperti keterbatasan modal, inovasi produk rendah, dan akses pasar terbatas. Koperasi Kasongan Usaha Bersama berfungsi sebagai lembaga yang mewadahi para pengrajin dengan peran strategis dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya dalam aspek ekonomi. Koperasi ini berkontribusi melalui penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan, fasilitasi akses permodalan, serta pendampingan dalam manajemen usaha guna meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengelola koperasi, anggota koperasi dan para pengerajin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koperasi berperan sebagai lembaga pendidikan ekonomi yang meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan anggota. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan bahan baku, alat produksi tradisional, serta strategi pemasaran yang kurang optimal. Penguatan koperasi melalui modernisasi produksi dan pemasaran digital diperlukan agar koperasi lebih berdaya saing. Hasil ini menunjukkan bahwa koperasi dapat menjadi alternatif strategis dalam penguatan ekonomi lokal berbasis masyarakat.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles