PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURROHMAN AL-BURHANY PURWAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2850Kata Kunci:
Santri, pondok pesantren, dan kemandirian.Abstrak
Penelitian ini menelaah peran pondok pesantren dan kemandirian santri, permasalahan penelitian adalah bagaimana peran pondok pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri. Berangkat dari keberbedaan santri-santri dan dengan asal keluarga yang berbeda-beda pula, maka sikap kemandiriannya pun akan berbeda tergantung bagaimana kelurga dalam mendidiknya. maka ada kewajiban dari Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri tersebut, agar mereka dapat hidup dan tinggal jauh dari orangtuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi Pondok Pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta, untuk mengetahui bagaimana peran Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemandirian santrinya di Pondok Pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta dan juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam meningkatkan kemandirian santri di pondok pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep PLS, Santri, Pondok Pesantren, Tipologi Pondok Pesantren dan Kemandirian. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi populasi penelitiannya adalah pondok pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta dan sampelnya adalah 3 guru dan 3 pengurus dan 7 santri. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kemandirian santri, dalam hal ini dapat terlihat dari perbedaan antara awal pertama masuk pondok pesantren dan setelah lama tinggal dipondok pesantren. Sikap kemandirian santri ditunjukan dengan selalu melaksanakan kewajiban piketnya, santri dapat disiplin dan tepat waktu, dan tidak tergantung pada orang lain.
Â
Â
Referensi
damanhuri, a., mujahidin, e., & hafidhuddin, d. (2013). inovasi pengelolaan pesantren dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. ta'dibuna jurnal pendidikan islam , 18.
darmadi, h. (2014). metode penelitian pendidikan dan sosial. bumi kahatulistiwa : alfabeta.
Drs Maksum, M. (2003). Pola pembelajaran di pesantren. departemen agama RI.
Koswara, R. (2014). manajemen pelatihan life skill dalam upaya pemberdayaan santri di pondok pesantren. BANDUNG: STKIP SILIWANGI .
krisnatuti, d., Herawati, T., & dini, r. n. (2011). hubungan antara kecerdasan emosi dengan kepatuhan dan kemandirian santri. Jur.ilm. Kel dan Kons , 148.
Maksum. (2003). pola pembelajaran di pesantren. jakarta: direktorat jenderal kelembagaan agama islam departemen agama R.I.
retnowati, y. (2008). pola komunikasi orang tua dalam membentuk kemandirian anak (studi kasus di kota yogjakarta). jurnal komunikasi , 202.
Sudjana, D. (2010). Pendidikan Nonformal. bandung.
sunarty, k. (2016). hubungan pola asuh orangtua dan kemandirian anak. journal of EST , 153.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.