PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM RANGKA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI IBU RUMAH TANGGA

Annisa Fadhilah Liansyah, N Achadianingsih

Abstract


Menanamkan motivasi pada orang dewasa khususnya ibu rumah tangga dalam membantu dan meningkatkan kemampuan membaca dalam mempelajari Al – Qur’an  bukan hal yang mudah dilakukan, dikarenakan  ibu – ibu rumah tangga yang dalam segi usianya sudah tidak produktif lagi pun kesibukan yang dilakukan dalam mengurus rumah tangganya, hal tersebut dalam praktek keseharian membutuhkan ketekunan, kesabaran, keteladanan dan tentunya pemberian motivasi yang besar dalam belajar oleh para tutor. Metode Ummi dalam hal ini merupakan sebuah  metode inovasi pembelajaran Al – Qur’an yang hadir sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya orang dewasa  dalam  rangka peningkatan kemampuan membaca Al – Qur’an khususnya bagi ibu rumah tangga. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desan deskriptif. Hasil Penelitian diperoleh data sebagai berikut : 1) Perencanaan pembelajaran ditata dengan tahap – tahap melakukan sosialisasi program rumah qur’an lembang, merekrut peserta didik orang dewasa khususnya ibu rumah tangga, pengelompokan peserta didik sesuai tingkat kemampuan membaca al – qur’an,pembuatan jadwal pembelajaran al – qur’an rumah qur’an lembang, menyusun langkah – langkah pembelajaran program rumah qur’an lembang. 2) Tahap pelaksanaan dimulai dari tahap awal berupa pembukaan yang menunjukan adanya pengkondisian belajar (iklim pembelajaran) yang mendukung tumbuhnya motivasi belajar orang dewasa, hal ini tutor dipandang sedikit banyak memahami konsep antara andragogi, dalam tahap isi relative terdapat adanya pembelajaran yang interaktif antara guru dan peserta didik dalam nuansa andragogi artinya adanya partisipasi dan kepedulian serta motivasi belajar peserta didik yang mendukung hasil pembelajaran. 3) Evaluasi pada peningkatan membaca Al – Qur’an metode Ummi pada ibu rumah tangga ini difokuskan kepada motivasi belajar orang dewasa, proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran para tutor, dan hasil sehingga pelaksanaan peningkatan membaca Al – Qur’an Metode Ummi masih belum bisa berjalan optimal dikarenakan adanya faktor – faktor penghambat yang harus di benahi

Keywords


Metode Ummi dan Metode Inovasi pembelajaran Al – Qur’an

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif ; Pemahaman Filosofis dan Metodologis kearah Penguasaan Model Aplikasi, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Prenada Putra Grafika.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok – Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya.Bogor : Ghalia Indonesia.

Lunandi, 1984. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta : PT Gramedia, Anggota IKAPI.

Mappiare, Andi. 1983. Psikologi Orang Dewasa. Surabaya : Usaha Nasional.

Mashuri dan Yusuf, 2007. Belajar Mudah Membaca Al – Qur’an Remaja & Dewasa. Surabaya : Lembaga Ummi Foundation.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Press

Modul Sertifikasi Guru Al – Qur’an Metode Ummi pada tanggal 22-25 Juni 2016, Surabaya : Ummi Foundation.

Muchlas, Imam. 2004. Metode Penafsiran Al – Qur’an. Malang : UMM Press.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Narulistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Nazir,Moh, 1999. Metode Penelitian. Cet. IV. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Poerwandarminta, 2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.

Sa’ud, Syaifudin U. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Santori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, 2013. Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : Falah Production.

Sugiono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kuaitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats