MANAJEMEN PENYULUHAN PARENTING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GADGET ANAK–ANAK USIA SEKOLAH RW 30 CIMINDI HILIR CIMAHI SELATAN

Dewi Mulyati, Sri Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen program parenting dapat mengurangi dampak kecanduan gadget anak-anak di lingkungan RW 30 Cimindi Hilir. Banyaknya anak-anak yang bermain gadget di lingkungan RW 30 karena adanya sarana Wi-fi yang dapat diakses secara gratis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan teknik wawancara dan observasi. Adapun responden dalam penelitian ini adalah penyelenggara program penyuluhan yang berjumlah 2 orang sebagai informan utama dan orang tua anak-anak berjumlah 12 orang sebagai informan tambahan di lingkungan RW 30 Cimindi Hilir Kelurahan Cimahi Selatan. Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencaan program penyuluhan parenting tertata dengan baik sesuai masalah yang dihadapi, 2) Pada pelaksaan penyuluhan diperoleh data bahwa para orang tua belum sama sekali mendapat arahan atau acuan secara sistematis. 3) Dengan program parenting tingkat pengetahuan orang tua terhadap gadget meningkat, sehingga mereka memiliki cara/ pola untuk mengalihkan anak-anak mereka dari bermain gadget setiap hari.

Keywords


Gadget, Kecanduan, Penyuluhan Parenting

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats