PENGGUNAAN GOOGLE TRANSLATE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PAKET B DI PKBM SURYANI

Authors

  • Krisna Bayu IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3764

Keywords:

Google Translate, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan apakah Google Translate membantu warga belajar dalam meningkatkan kemampuan penterjemahan mereka atau tidak. Penelitian ini dilakukan di PKBM Suryani yang bertempat di Desa Jelegong Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Google Translate merupakan salah satu media yang dapat memudahkan seseorang untuk menerjemahkan teks dari berbagai bahasa ke dalam bahasa yang diinginkan, termasuk dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Media tersebut dapat dimanfaatkan untuk menerjemahkan teks, baik secara per kata, frasa, klausa, kalimat, dan bahkan wacana. Namun demikian, seringkali menemukan kesalahan dan kejanggalan dalam penerjemahan teks yang dimasukkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan Google Translate sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di Paket B PKBM Suryani. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta rendahnya kosa kata yang dikuasai oleh warga belajar Paket B PKBM Suryani. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penerjemahan dan teori media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara dan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa warga belajar Paket B PKBM Suryani sangat terbantu dengan adanya aplikasi google translate sebagai media pembelajaran. Walaupun ada kekurangan dari aplikasi ini, warga belajar tetap memiliki persepsi positif terhadap penggunaannya. Mereka meyakini bahwa hasil terjemahan akan tetap akurat selama masih bisa mencocokkan dengan konteks.

Downloads

Published

2020-01-28