PROFIL PEMANFAATAN LITERASI TEKNOLOGI DAN INFORMASI (TIK) OLEH PENILIK KOTA CIMAHI

Authors

  • Ifah Cholifah Pendidikan Masyarakat
  • Ansori Ansori IKIP Siliwangi
  • Dinno Mulyono IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3822

Keywords:

penilik, literasi, TIK

Abstract

Abstract

 

The development of information and communication technology (ICT) at this time cannot be avoided by various parties. This development has positive and negative impacts on human life. However, these impacts can be managed by humans themselves such as by studying and utilizing these developments in daily life, there will be many positive impacts felt, one of which facilitates the search and dissemination of information, as well as accelerating and facilitating work. However, in reality, utilizing ICT in daily life in accordance with the work of each individual has not been fully implemented. Therefore, this research was carried out with the aim to find out the profile of the use of ICT by Menelik in the Cimahi city education department. The instrument used was a questionnaire that was developed in accordance with ICT literacy level indicators. The results of his research show that the use of ICT by the Penilik in the Cimahi city education office is in the medium category or can be interpreted quite well

Keywords:  penilik, literacy, ICT

 

 

Abstrak

 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada saat ini tidak dapat dihindari oleh berbagai pihak. Perkembangan ini memberikan dampak yang positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Akan tetapi dampak tersebut dapat di kelola oleh manusia itu sendiri seperti dengan mempelajari dan memanfaatkan perkembangan tersebut dalam kehidupan sehari-hari maka akan banyak dampak positif yang dirasakan salah satunya mempermudah pencarian dan penyebaran informasi, serta mempercepat dan mempermudah pekerjaan. Akan tetapi dalam kenyataannya memanfaatkan TIK dalam kehidupan sehari-hari sesaui dengan pekerjaan masing-masing individu belum sepenuhnya dilaksanakan. Oleh karana itu, dilaksanakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui profil pemanfaatan TIK oleh penilik di lingkungan dinas pendidikan kota Cimahi. Intrumen yang digunakan adalah angket yang dikembangkan sesuai dengan indikator tingkat literasi TIK. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa pemanfaatan TIK oleh penilik di lingkungan dinas pendidikan kota Cimahi berada pada kategori sedang atau dapat diartikan cukup baik.

Kata Kunci: penilik, literasi, TIK

References

Morissan. (2014). Media sosial dan partisipasi sosial di kalangan generasi muda. Jurnal visi komunikasi, volume 13 nomor 1 halaman 50-68

Rahayu, G., & Arga, H. (2019). Influence of VBA-based Monopoly Game in Microsoft Excel as Teaching Material on Primary School Students' Cross-Cultural Competence in Social Studies Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 147-159. doi:https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.16935

Restiyanti, R., Juaeningsih, N., dan Herlanti, N. (2014). Profil pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media dan sumber pembelajaran oleh guru biologi. Jurnal EDUSAIN, volume 6 nomor 1halaman 50-60.

Rohmiyati, Y. (2018). Analisis penyebaran informasi pada sosial media. Jurnal ANUVA, volume 2 nomor 1.

Saleh, B. (2018). Literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) masyarakat di kawasan mamminsata. Jurnal Pekommas, volume 18 nomor 3 halaman151-160.

Siahaan S. (2009). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran (modul pelatihan pengembangan dan pemanfaatan konten jardiknas). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Telematika Indonesia. (2004). Kebijaan dan perkembangan tim koordinasi telematika Indonesia (TKPI). Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

Downloads

Published

2020-05-08