PERAN PKG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DI KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Tatang Sontani IKIP Siliwangi
  • Prita Kartika IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.61

Keywords:

Pusat Kegiatan Guru, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Peran PKG dalam upaya Meningkatkan Kompetensi Pendidik PAUD†di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP Siliwangi Bandung). Penelitian ini bertujuan Penyusunan program PKG dalam upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Hasil dari PKG dalam upaya, “Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Pendidik PAUD di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedangâ€. Mengacu Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah, maka sejak 1998 Direktorat Pendidikan Pendidik merintis pembentukan wadah pendidikan nonformal yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan di atas. Lembaga pendidikan non formal tersebut diberi nama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan  hasil penelitian maka  kesimpulan penelitian penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu menfaat secara teroritis dan secara praktis. Secara teoritis diharapkan akan adanya penambahan wawasan bagi para pendidik PAUD dalam melaksanakan proses pembelajaran baik pengetahuan dan keterampilannya merancang pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini. Sehingga akan terjalin hubungan emosional antara pendidik PAUD dengan warga belajar (anak-anak) yang penuh keharmonisan, kehangatan, keakraban serta penuh kasih sayang yang pada gilirannya akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu untuk masa yang akan datang.Manfaat secara praktis diharapkan akan bermanfaat secara langsung dalam pelaksanaan dilapangan baik untuk peserta didik (anak-anak), lembaga Pendidikan PAUD, dan para pengelola Pendidikan PAUD.

Downloads

Published

2018-01-20