IMPLIKASI APLIKASI PEMBACA BUKU DALAM MENINGKATKAN LITERASI TUNANETRA

Rd Muhammad Fathurahmat

Abstract


Tunanetra dalam melakukan berbagai aktivitasnya, terutama aplikasi pembaca buku yang sangat membantu memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa efektifnya aplikasi pembaca buku yang membantu tunanetra di DPC PERTUNI Sumedang dalam meningkatkan dan menjaga budaya literasi. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori literasi, braille dan talkback. Metode dalam penelitian ini yang digunakan yaitu pendekatan deskritif kualitatif, dengan teknik wawancara dan studi kasus. Kesimpulan penelitian ini, membuktikan dengan adanya aplikasi pembaca buku, para tunanetra yang tergabung dalam organisasi DPC PERTUNI Sumedang terbantu dalam berkreasi di bidang literasi.


Keywords


aplikasi pembaca buku, meningkatkan literasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v4i1.6279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building C, First Floor, Room C-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats