PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK MENGIKUTI PEMBELAJARAN E-LEARNING (ONLINE) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM SRIKANDI

Authors

  • Mahlusi Lismayanti IKIP SILIWANGI
  • Sri Nurhayati IKIP SILIWANGI
  • Tita Rosita IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i2.6794

Keywords:

Pembelajaran E-Learning, Motivasi, Orang Tua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanan, pelaksanaan dan hasil orang tua dalam memotivasi anak untuk mengikuti pembelajaran e-learning (online) dalam rangka  meningkatkan Minat Baca pada Program Kesetaraan Paket C di PKBM Srikandi Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu orang Guru, dan tiga orang peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini ialah peran orang tua dalam memotivasi anak untuk mengikuti pembelajaran e-learning (online)  dimulai dengan proses: 1) Perencanaan program, dimulai dari merumuskan tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, 2) pelaksanaan program yang mengacu kepada kebutuan peserta didik, terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, dan 3) Pengawasan program meliputi proses pelaksanaan monitoring, serta laporan prngawasan program. Peneliti memberikan saran: perta Pengelola dan Guru hendaknya menambah wawasan dibidang pembelajaran e-learning kepada orang tua, agar proses peran orang tua lebih optimal, kedua peserta didik hendaknya lebih mempertinggi semangat belajar agar mendapat bekal pendidikan yang memadai.

References

Effendi, E., & Zuang, H. (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gulo, W. (2007). Metodologi penelitian cetakan ke-7. Jakarta: PT. Grasindo.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. RPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129-139.

Isjoni, & Ismail. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komendangi, F. K., Molenaar, R., & Lengkey, L. (2017). NALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE DI PROGRAM STUDI TEKNIK PERTANIAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI. COCOS, 1(3).

Munandar. (2013). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Bandung: Tarsito.

Rukanda, N., Nurhayati, S., & Ganda. (2019). THE INFLUENCE OF STUDENTS’ MOTIVATION ON ENTREPRENEURSHIP ATTITUDE. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 47-65.

Sa’ud. (2011). Pembelajaran e-learning. Jakarta: Gunung Agung.

Sucipto, & Raflis. (2000). Profesi Keorangtuaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, D. (2010). Manajemen Program Pendidikan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tafiardi. (2005). Meningkatkan mutu pendidikan melalui e-learning. Jurnal Pendidikan Penabur(4).

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang . Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-05-20