PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN KEPADA PESERTA DIDIK PAKET B UPTD SPNF SKB KOTA CIMAHI

Sischa Okvireslian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan Kepada Peserta Didik Paket B UPTD SPNF SKB Kota Cimahi, (2) Hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan Kepada Peserta Didik Paket B UPTD SPNF SKB Kota Cimahi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama guru berjumlah 4 (Empat) orang yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara bersama peserta didik, observasi berupa observasi partisipasi pasif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru telah memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen dan video call. Kemudian dalam pelaksanaan pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran terdapat bebarapa hambatan yaitu gangguan Sinyal, memori HP penuh, dan sulit memahami materi yang diberikan.


Keywords


Aplikasi WhatsApp, Media Pembelajaran, Pembelajaran Dalam Jaringan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building C, First Floor, Room C-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats