Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ash-Shoddiq Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung

Eliza Rahmah Prahestiwi(1*), Ihat Hatimah(2), Asep Saepudin(3)

(1) Magister Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengelolaan PKBM Ash-Shoddiq Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif sendiri berfokus pada unsur-unsur yang mengandung makna subjektif, definitif, serta deskripsi suatu telitian berdasarkan skema atau kerangka fikir peneliti. Sumber data dari penelitian ini adalah tiga orang narasumber yang terdiri dari Sumber Informasi, yaitu ketua sekaligus pemilik PKBM yaitu Dadang Lutfiansyah, M.Pd. serta dua orang masyarakat sekitar PKBM yang dapat memberikan data. Sebagai penguat perolehan data lapangan, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi secara online dan langsung terjun ke lapangan terhadap pengelola objek telitian, serta media sosial para objek pada bulan April 2021. Serta menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh mengenai: Pengelolaan PKBM meliputi tahapan-tahapan manajerial meliputi langkah: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Motivating), Pembinaan (Conforming), Penilaian (Evaluating), Pengembangan (Developing). Program yang dilaksanakan oleh PKBM antara lain Life Skill Kewirausahaan Kecimpring, Keaksaraan Fungsional, Kesetaraan, PAUD, TBM, Pembinaan Kepemudaan dan Olahraga, Pemberdayaan Perempuan, Majelis Talim, TPA, dan Rumah Tahfidz. PKBM belum melakukan akreditasi, dikarenakan baru meluluskan 3 angkatan program pendidikan kesetaraan. Permasalahan yang terdapat di PKBM yaitu kurangnya sarana dan prasarana lembaga (kurangnya ruang kelas, ruang pendidik dan tenaga kependidikan, luas tanah yang sempit) hal tersebut dikarenakan kurangnya pembiayaan, tidak sebanding dengan letak lokasi lembaga PKBM yang berada di tengah-tengah tempat wisata punclut ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar Bandung.

Kata Kunci: Pengelolaan & Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Abstract

This study aims to describe and analyze the management of PKBM Ash-Shoddiq, Pagerwangi Village, Lembang District, West Bandung Regency. This research was conducted using a descriptive research method with a qualitative approach. The qualitative approach itself focuses on elements that contain subjective, definitive meanings, as well as descriptions of a research based on the researcher's schema or frame of mind. Sources of data from this study were three sources consisting of Information Sources, namely the chairman and owner of PKBM, namely Dadang Lutfiansyah, M.Pd. as well as two people around the PKBM who can provide data. To strengthen field data acquisition, researchers used observation, interview, and documentation techniques online and went directly to the research object managers, as well as the social media of the objects in April 2021. And used purposive sampling technique. The results showed the data obtained regarding: PKBM management includes managerial stages including the steps: Planning (Planning), Organizing (Organizing), Implementation (Motivating),Coaching (Comforming), Assessment (Evaluating), Development (Developing). Programs implemented by PKBM include Kecimpring Entrepreneurship Life Skills, Functional Literacy, Equality, PAUD, TBM, Youth and Sports Development, Women's Empowerment, Talim Council, TPA, and Tahfidz House. PKBM has not yet carried out accreditation, because it has only graduated 3 batches of equality education programs. The problems in PKBM are the lack of institutional facilities and infrastructure (lack of classrooms, teaching rooms and education personnel, narrow land area), this is due to a lack of funding, not comparable to the location of the PKBM institution which is in the middle of a busy tourist spot. visited by local and outside tourists.

Keyword: Management & Learning centers


Keywords


Pengelolaan; Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Almaidah, Siti. (2017). Analisis Efektivitas Kinerja Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Berbasis Masyarakat. Semarang: Media Ekonomi Dan Manajemen. Vol. 32. No. 2 Juli 2017. P-ISSN. 0854-1442. E-ISSN. 2503-4464. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/view/541

Hardjono; Tri Joko Raharjo; & Tri Suminar. (2019). Model Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Berbasis Life Skills Dan Kewirausahaan. Semarang: UNNES Edukasi. Vol. 13. No. 2. P-ISSN 0852-0240. E-ISSN 2746-4016. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/955/892

Himayaturohmah, Emma. (2017). Strategi Pengembangan Manajemen Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Provinsi Riau. Bali: Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjamin Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Vol. 3. No. 1. Hal. 100-110. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/96/103

Hoerniasih, Nia. (2017). Faktor Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) “Bina Sejahtera “Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Karawang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. 2017. ISBN 978-602-19411-2-6. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/125-134

PP PAUD dan DIKMAS KEMENDIKBUD. (2019). Jumlah Satuan Pendidikan PKBM Kabupaten Bandung Barat. Jakarta: Manajemen PAUD DIKMAS KEMENDIKBUD. https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/Rekap/PKBM-SatuanPendidikan?semesterId=20192&kodeWilayah=020000

Siswoyo, Hardi. dkk.. (2012). Pengelolaan Pembiayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Studi Situs PKBM Karya Bhakti Punung Pacitan). Solo: Electronic Theses and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi. http://eprints.ums.ac.id/20856/12/NASKAH_PUBLIKASI.PDF

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

----------- (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia. (2014). UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara. Cetakan I




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v5i1.7319

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building C, First Floor, Room C-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats