PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Syifa Ulya Nur Aisyiyah, Dinno Mulyono

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya lapangan pekerjaan dan menurunnya pendapatan masyarakat sejak covid-19 melanda Indonesia, terutama pada masyarakat yang berada di lingkungan zona merah, seperti di lingkungan desa Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang program pelatihan keterampilan menjahit dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan menjahit salah satu cara mengembangkan kreativitas masyarakat dalam meningkatkan pendapatan. Pembahasan mengemukakan pelatihan menjahit di LKP Mekar Sari mengajarkan bagaimana cara menjahit yang baik, rapih, dan mendesain berbagai model agar memiliki nilai jual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pelatihan menjahit yang diadakan oleh LKP Mekar Sari membuktikan bahwa pentingnya memiliki keterampilan, sebagai solusi untuk mengembangkan profesi dalam meningkatkan pendapatan ekonomi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building C, First Floor, Room C-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats