PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN MENTAL ANAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI MASA PANDEMI

Authors

  • Galih Hanafi PENMAS IKIP SILIWANGI
  • Ansori Ansori IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v7i1.9356

Keywords:

Ketahanan Mental, Penyalahgunaan Narkoba, Peran Orang Tua

Abstract

Membangun ketahanan mental adalah sebuah penanaman modal untuk masa depan, membekali generasi muda dengan budi pekerti yang luhur dan kepribadian yang baik serta memiliki kemampuan untuk bertahan dalam keadaan apa pun termasuk penyalahgunaan narkoba. Penyelesaian penyalahgunaan yang ada pada remaja dibutuhkan kerja keras, kerjasama dan, peran dari berbagai pihak terutama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja yang dilakukan orang tua dalam membentuk ketahanan mental anak untuk mengantisipasi bahaya narkoba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Desa  Saguling, Kabupaten Bandung Barat dengan lima orang tua sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data atau informasi yang diperoleh kemudian di analisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan sampai pada penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan peran orang tua sangat berpengaruh dalam membentuk ketahanan mental dan kepribadian anak sehingga anak tidak mudah terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.

References

Ali, M. (2004). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.

Bunsaman, S. M., & Krisnani, H. (2020). Peran orang tua dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 221-228.

Christiani, L. C. (2010). Komunikasi Pengasuhan Antara Orang Tua Tunggal Dengan Anak Dalam Kultur Kolektivistik. Semarang: Universitas Diponogoro.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hadi, A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jurnal An-Nisa, 11 (2), 101-121.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group.

Purnomowardani, A. D., & Koentjoro. (2000). Penyingkapan diri, Perilaku Seksual, Dan Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Psikologi, 27(1), 60-72.

Reza, I. F. (2016). Peran Orang Tua Dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Pada Generasi Muda. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 2(1).

Santrock, JW. (2003). Adolescence: perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga

Sembiring, J., Erwina, L., & Waty, N. (2013). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Penyalahgunaan Narkoba Pada Kalangan Remaja Dan Anak-Anak Di Kota Medan Serta Penanganannya Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Jurnal Mahupiki, 1(1).

Setyobroto, S. (2001). Mental Training. Jakarta: Solo Press.

Sudalmi, E. S. (2012). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sadar Bahaya Narkoba. Eksplorasi, 24(1).

Downloads

Published

2024-02-20