PERAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DESA
(1) Universitas Islam Nuasntara
(2) Universitas Bina Sarana Informatika
(3) Universitas Islam Nusantara
(4) Universitas Islam Nusantara
(*) Corresponding Author
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan dewasa ini harus dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada termasuk diantaranya perubahan kebiasaan karena keadaan dunia yang sedang mengalami pandemi covid 19. Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim untuk merespon perubahan tersebut. Salah satu program yang terdapat di program MBKM adalah proyek di desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis berdasarkan kajian literatur atau riset kepustakaan. Hasil penelitian mengatakan bahwa proyek di desa menjadi salah satu sarana penguatan karakter mahasiswa. Sebagai calon pemimpin masa depan, mahasiswa ditantang untuk keluar dari zona nyamannya dan berlatih menghadirkan solusi dari problem yang ditemuinya di desa. Diharapkan dengan adanya program MBKM ini juga dapat membantu mewujudkan desa-desa mandiri di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto, Nur. (2019). Modul KKN Desa Membangun Kerjasama Desa. Jakarta : Kementerian Desa.
Bintarto, R. (2010). Interaksi Desa-Kota dan Permasalahannya. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Bukhori, Mokhtar. (2001). Transformasi Pendidikan. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Caritra. (2020). Kebijakan Kampus Merdeka Kesempatan Emas Dalam Membangun Desa. Tersedia : https://www.caritra.org/2020/10/05/kebijakan-kampus-merdeka-kesempatan-emas-dalam membangun-desa/.
Chaniago, Andrinof A. (2020). 5 Potensi Desa Yang Bisa Dioptimalkan. Tersedia : cnnindonesia.com/ekonomi/20200809221955-92-533852/5-potensi-desa-yang-bisa-dioptimalkan
Cheng, Yin Cheong. (2015). School Effectiveness and School-Based Management : A Mechanism for Development, Washington D.C: The Palmer Press, 1996, h.7). sumber: https://pendidikankejuruan.wordpress.com/2015/12/23/pendidikan-suatu-infestasi/
Daldjoeni, N. 2011. Geografi Kota dan Desa. Bandung : Penerbit Alumni ITB.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Jatmiko, Datu dan Nur Endah Januarti. (2021). Model Kegiatan Pembelajaran Membangun Desa. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020
Suryadi, Ace. (1999). Pendidikan, Investasi SDM dan Pembangunan: Isu, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Balai Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1979
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004
Wibowo, Lendy W. (2015). Kerja Membangun Desa. Tersedia : https://kerjamembangundesa.wordpress.com/2015/11/23/konsep-desa-mandiri/ 2015
Widjaja, Haw. (2010). Otonomi Desa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Zeid, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v5i2.9659
Article Metrics
Abstract view : 578 timesPDF - 932 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Comm-Edu (Community Education Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia
Publisher Address:
Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi
Building C, First Floor, Room C-8
IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526
Telp/Fax: (022) 6629913,
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal
Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.
e-ISSN : 2615-1480
p-ISSN : 2622-5492