HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGA JOB INVOLVEMENT PADA PAMONG BELAJAR DI BANDUNG RAYA

Feby Satya Wirawati(1*), Marina Sulastiana(2), Anissa Lestari Kadiyono(3)

(1) Universitas Padjajaran
(2) Universitas Padjajaran
(3) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh perubahhan sistem pembelajaran dari yang awal mulanya tatap muka menjadi daring. Perubahan ini mempengaruhi kepada kinerja pamong belajar khususnya pamong belajar di Bandung raya yang kemudian berpengaruh pula keterlibatan kerja dari pamong belajar selama menjalankan program kegiatannya ditengah kondisi yang seba tidak memungkinkan pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara resiliensi dengan job involvement pada pamong belajar di Bandung Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel data sebanyak 63 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang postif serta kuat antara variable resiliensi dan job involvement pada pamong belajar. Pada masing-masing variable pamong belajar di Bandung raya memiliki skor nilai yang tinggi sehingga dapat dikatakan bahwa pamong belajar di Bandung raya memiliki resiliensi yang tinggi juga Job involvement yang tinggi adapun aspek lain diuji untuk melihat factor lain yang mempengaruhi resiliensi dan job involvement yang tinggi pada pamong belajar.


Keywords


Resiliensi, Job Involvement, Pamong Belajar

Full Text:

PDF

References


Bakker, A. B., & Xanthopoulou, D. (2013). Creativity and charisma among female leaders: The role of resources and work engagement. International Journal of Human Resource Management, 24(14), 2760–2779. https://doi.org/10.1080/09585192.2012.751438

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113

Dehghani-Firoozabadi, E.-S., Mohtashami, J., Atashzadeh-Shoorideh, F., Nasiri, M., Dolatian, M., & Sedghi, S. (2017). Correlation between religious attitude and resiliency of women under domestic violence. Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(3). https://doi.org/10.5539/gjhs.v9n3p199

Mansfield, C. F., Beltman, S., Broadley, T., & Weatherby-Fell, N. (2016). Building resilience in teacher education: An evidenced informed framework. In Teaching and Teacher Education (Vol. 54, pp. 77–87). https://doi.org/10.1016/j.tate.2015.11.016

Oboudi, M. H., Mohammadi, M., & Rastegar, M. (2019). Resilience-oriented intentional islanding of reconfigurable distribution power systems. Journal of Modern Power Systems and Clean Energy, 7(4), 741–752. https://doi.org/10.1007/s40565-019-0567-9

PsychologIA, A. M.-I., & 2002, undefined. (n.d.). Job involvement and organizational climate. Ajol.Info. Retrieved December 30, 2021, from https://www.ajol.info/index.php/ifep/article/view/23473

Renn, R., Allen, D., & Huning, T. (2013). The relationship of social exclusion at work with self-defeating behavior and turnover. Journal of Social Psychology, 153(2), 229–249. https://doi.org/10.1080/00224545.2012.723642

Simbula, S., Guglielmi, D., & Schaufeli, W. B. (2011). A three-wave study of job resources, self-efficacy, and work engagement among Italian schoolteachers. European Journal of Work and Organizational Psychology, 20(3), 285–304. https://doi.org/10.1080/13594320903513916




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v5i2.9952

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building C, First Floor, Room C-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats