HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGA JOB INVOLVEMENT PADA PAMONG BELAJAR DI BANDUNG RAYA

Authors

  • Feby Satya Wirawati Universitas Padjajaran
  • Marina Sulastiana Universitas Padjajaran
  • Anissa Lestari Kadiyono Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i2.9952

Keywords:

Resiliensi, Job Involvement, Pamong Belajar

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perubahhan sistem pembelajaran dari yang awal mulanya tatap muka menjadi daring. Perubahan ini mempengaruhi kepada kinerja pamong belajar khususnya pamong belajar di Bandung raya yang kemudian berpengaruh pula keterlibatan kerja dari pamong belajar selama menjalankan program kegiatannya ditengah kondisi yang seba tidak memungkinkan pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara resiliensi dengan job involvement pada pamong belajar di Bandung Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel data sebanyak 63 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang postif serta kuat antara variable resiliensi dan job involvement pada pamong belajar. Pada masing-masing variable pamong belajar di Bandung raya memiliki skor nilai yang tinggi sehingga dapat dikatakan bahwa pamong belajar di Bandung raya memiliki resiliensi yang tinggi juga Job involvement yang tinggi adapun aspek lain diuji untuk melihat factor lain yang mempengaruhi resiliensi dan job involvement yang tinggi pada pamong belajar.

References

Bakker, A. B., & Xanthopoulou, D. (2013). Creativity and charisma among female leaders: The role of resources and work engagement. International Journal of Human Resource Management, 24(14), 2760–2779. https://doi.org/10.1080/09585192.2012.751438

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113

Dehghani-Firoozabadi, E.-S., Mohtashami, J., Atashzadeh-Shoorideh, F., Nasiri, M., Dolatian, M., & Sedghi, S. (2017). Correlation between religious attitude and resiliency of women under domestic violence. Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(3). https://doi.org/10.5539/gjhs.v9n3p199

Mansfield, C. F., Beltman, S., Broadley, T., & Weatherby-Fell, N. (2016). Building resilience in teacher education: An evidenced informed framework. In Teaching and Teacher Education (Vol. 54, pp. 77–87). https://doi.org/10.1016/j.tate.2015.11.016

Oboudi, M. H., Mohammadi, M., & Rastegar, M. (2019). Resilience-oriented intentional islanding of reconfigurable distribution power systems. Journal of Modern Power Systems and Clean Energy, 7(4), 741–752. https://doi.org/10.1007/s40565-019-0567-9

PsychologIA, A. M.-I., & 2002, undefined. (n.d.). Job involvement and organizational climate. Ajol.Info. Retrieved December 30, 2021, from https://www.ajol.info/index.php/ifep/article/view/23473

Renn, R., Allen, D., & Huning, T. (2013). The relationship of social exclusion at work with self-defeating behavior and turnover. Journal of Social Psychology, 153(2), 229–249. https://doi.org/10.1080/00224545.2012.723642

Simbula, S., Guglielmi, D., & Schaufeli, W. B. (2011). A three-wave study of job resources, self-efficacy, and work engagement among Italian schoolteachers. European Journal of Work and Organizational Psychology, 20(3), 285–304. https://doi.org/10.1080/13594320903513916

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles