PERAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.22460/fokus.v1i5.2832Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : Pertama, untuk mengetahui profil karateristik perilaku agresif terhadap peserta didik. Kedua, untuk mengetahui proses layanan konseling kelompok di MTs Negeri 4 Sumedang, Ketiga, untuk mengetahui peranan layanan konseling kelompok terhadap perilaku agresif peserta didik di MTs Negeri 4 Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, dengan menggambarkan kondisi atau keadaan. Data primer dalam penelitian ini di peroleh dari observasi peneliti langsung ke lapangan dan wawancara dengan pihak terkait, seperti kepala sekolah, guru BK, walikelas di MTs Negeri 4 Sumedang. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini terdapat dari, buku-buku referensi tentang layanan konseling kelompok, dan dokumen resmi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, peranan layanan konseling kelompok pada peserta didik dapat merubah perilaku agresif peserta didik yang semula kerap berperilaku agresif yang kurang baik setelah dilakukan konseling kelompok berperilaku ke arah yang positif serta intensitas agresifnya sebulan semakin rendah.
Kata Kunci : Konseling kelompok, Agresif.
References
Abdul Rahman, Agus, (2013). Piskologi Sosial, Depok, PT. Rajagrafindo pesersada.
Arikunto, S.(2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Corey, Gerald. (2005).Teori dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Hurlock, B Elizbeth. (1991). Psikologi perkembangan, Edisi Kelima, Jakarta, PT. Erlangga.
Juntika, N. A. (2005). strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama
Latipun. (2006) Psikologi Konseling. Malang: UMM Press
Mulyono, Y. B. (1991). Mengatasi Kenakalan Remaja. Yogyakarta: Andi
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghali Indonesia.
Rusmana, Nandang. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di sekolah, Bandung, PT. Rizqi Press
Satriah, Lilis. (2015). Bimbingan Dan Konseling Kelompok (seting masyarakat). Bandung: Mimbar Pustaka
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sukardi.(1996). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Surbakti, E.B. (2009). Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: Gramedia
Suryabrata, S. (1990). Metode Penelitian II. Jakarta: Rajawali.
Winkel. (2004). Bimbingan dan Konsleing di Istitut pendidikan. Yogyakarta: PT.Media Abadi.