GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI BROKEN HOME

Authors

  • Iis Islami Kartini IKIP Siliwangi
  • Tiara N Listiawaty IKIP Siliwangi
  • Tita Rosita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.2971

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa yang mengalami broken home pada siswa-siswi SMP Negeri 1 Arjasari. Terjadinya broken home pada siswa akan sangat berpengaruh bagi motivasi belajarnya. Ini dikarenakan banyak sekali siswa yang malas untuk belajar, bahkan melakukan hal kecil seperti membuka kembali pelajaran yang sudah dipelajari sudah jarang sekali dilakukan oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima siswa SMP Negeri 1 Arjasari memiliki motivasi belajar yang tinggi, namun satu dari ke enam siswa memiliki motivasi yang rendah dalam belajar.

References

Chaplin, J. P. (2004). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

H, Ghullam. & A, Lisa. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), Vol.12 No.1 April 2011

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Pujosuwarno, Sayekti. 1993. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: Menara Mas Offset.

R,S Mellisa. & K, Ferry. (2015). Pola Komunikasi Anak-Anak Delinkelen pada Keluarga Broken Home di Kelurahan Karombasan Selatan Kecamatan Warea Kota Manado. Jurnal Acta Diurna. (Online). Volume.5 No.4 2015

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

S, S Nana. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Save M. Dagun. (2002). Psikologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-01-28