GAMBARAN KONSEP DIRI SISWI YANG MENGALAMI BROKEN HOME

Authors

  • Wulan Dwiyanti Rahayu IKIP Siliwangi
  • Mila Fatimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i2.3025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa yang tumbuh dalam keadaan keluarga broken home. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Bunga Persada Cianjur. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada di lapangan dengan menunjukkan pengaruh dari kondisi keluarga broken home terhadap konsep diri siswa. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus. Metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi terhadap dua siswi di Sekolah Menengah Kejuruan Bunga Persada Cianjur yang mengalami broken home. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran ke dua siswi dengan latar belakang keluarga broken home memiliki konsep diri yang rendah; mereka kurang percaya diri (minder), merasa sedih, kecewa, dan sakit hari dengan kondisinya saat ini. Sikap yang tereksprisakan dalam kehidupannya juga mereka lebih pendiam dan kurang aktif dilingkungan sosialnya.

References

Abdul, A. R. (2017). Psikologi Sosial; Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.

Agustiani, Hendriati. (2006). Psikologi Perkembangan; Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Aditama.

Bahana, Sari. (2015). Analisis Pemahaman Diri dan Hubungan Sosial Siswa Berlatar Belakang Keluarga Broken Home di SMK Yadika 11 Jatirangga. Jakarta: Seminar.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Irma, C. O dan Mahmudah, S. (2014). Konsep Diri Remaja Dari Keluarga Broken Home. Jurnal Psikoislamika Volume 11. No 1.

Irsalina, D. S. dkk. (2016). Peran Keluarga Dan Guru Dalam Membangun Karakter Dan Konsep Diri Siswa Broken Home Di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Volume 1. No. 5.

Kartono, Kartini, (1992). Pathologi Sosial 2 (Kenakalan Remaja). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, D. (2005). Psikologi Komunikasi, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Sutarsa, Suciati. (1998). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Keterbukaan Komunikasi. Bandung. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Downloads

Published

2018-03-14