STRATEGI PERENCANAAN KARIER REMAJA MELALUI PENINGKATAN PEMAHAMAN SELF CONCEPT

Authors

  • Ragil Amida Army Duntari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i3.3087

Abstract

Perencanaan karier merupakan suatu proses yang berawal dari mengenal dan memahami diri sendiri, menyadari adanya peluang dan beragam pilihan dengan segala konsekuensinya, mengidentifikasi pilihan, membuat keputusan, mengembangkan tujuan dan rencana sampai membuat rencana tehadap suatu pekerjaan. Tiga aspek utama dalam perencanaan karier yaitu pengetahuan dan pemahaman terhadap diri pribadi, pengetahuan dan pemahaman terhadap pekerjaan, serta cara berpikir yang benar antara diri pribadi dan dunia kerja. Usaha yang dilakukan oleh individu dalam memahami dirinya yang kemudian menghasilkan suatu konsep tentang diri sendiri  yang biasa disebut dengan konsep diri atau self concept. Konsep diri inilah yang menjadi kunci utama dalam perencanaan karier yang matang dan bijak. Sehingga apabila kita mampu memahami konsep diri yang ada pada diri kita, kita juga akan mampu mengetahui minat, bakat, kelebihan serta kekurangan yang kita punya. Sehingga mampu memudahkan kita dalam merencanakan karier.

 

Kata Kunci: remaja, self concept, perencanaan karier

References

Andinny, Y. (2015). Pengaruh konsep diri dan berpikir positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Azizah, N. (2017). Penggunaan Tangga Masa Depan Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 7(1).

Budiningsih, T. E. (2020). Perlukah Perencanaan Karier pada Siswa SMA? Studi Korelasi Konsep Diri dan Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri 1 Sulang. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 245-252.

Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal, A. (2017). Persepsi Siswa Tentang Kesesuaian Perencanaan Arah Karier Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Konselor, 6(2), 74-82.

Nengsih, N. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. AL-IRSYAD, 7(1).

Nur, I. F., & Ekasari, A. (2008). Hubungan antara konsep diri dengan kecerdasan emosional pada remaja. SOUL: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 1(2), 15-31.

Rahayu, A. (2018). Hubungan dukungan sosial dan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja kelas X SMA Angkasa I Jakarta. Ikraith Humaniora, 2(2), 75-81.

Rahman, A. A. ( 2017). Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers

Rahmaniah, A. (2013). Kontribusi Layanan Informasi dan Layanan Penempatan/Penyaluran terhadap Perencanaan Karier Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(3), 43-51.

Rizqi, P. R. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi Karier Pada Siswa Kelas Xi Administrasi Perkantoran (Ap) 1 Smk Negeri 2 Tegal (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2018-05-03