EFEKTIVTAS KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Authors

  • Adimas Ahmad Siswadi IKIP Siliwangi
  • Fahmi Ulumudin IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i2.4167

Abstract

Kepercayaan diri merupakan satu bagian yang tidak bisa lepas dari para siswa di sekolah. Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor pendukung bagi siswa dalam  mewujudkan cita-citanya. Siswa yang percaya diri, juga mempunyai beberapa sikap diantaranya antusias, belajar dengan sungguh-sungguh mempunyai motivasi yang tinggi, dan tidak gampang menyerah. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, bahwa pelaksanaan konseling kelompok sangat membantu siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan konseling kelompok sesuai dengan tahap-tahap dalam konseling kelompok yaitu tahap pembentukan, pada tahap pembentukan siswa mengetahui tujuan dilaksanakannya konseling kelompok, mengikuti arahan yang disampaikan oleh peneliti dan ikut berpartisipasi aktif terhadap kegiatan konseling kelompok.

 

Kata Kunci: Kepercayaan diri, Konseling Kelompok

References

Achmad Juntika Nurihsan ,2006. Bimbingan Dan Konseling, Bandung: Refika Aditama

Amti, Erman dan Prayitno. 2004. Layanan bimbingan dan konseling kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Agdiyanti, V. (2018). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KORBAN BULLYING DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018.

Mafirja, S., Mafirja, F. I. S., & Ibda, F. (2018). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DALAM MENIGKATKAN KEPERCAYAAM DIRI SISWA DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR. Intelektualita, 4(1).

Sriyono, H. (2017). Efektifitas Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Research and Development Journal of Education, 4(1).

Rintyastini, Yulita dan Suzy Yulian Charlotte S. 2006. Bimbingan dan Konseling SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2018-03-14