EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMA

Authors

  • Annisa Nurul Fatimah IKIP Siliwangi
  • Winny Sujayati IKIP Siliwangi
  • Wiwin Yuliani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.4173

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan pun menggunakan kajian literatur yang terdahulu. Subjek yang diteliti pun menggunakan subjek dari hasil penelitian terdahulu serta partisipan penelitiannya dengan hasil yang sesuai dengan pembahasan kali ini. Hasil penelitian konseling self management dapat digunakan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Hal ini terbukti dengan perubahan pola perilaku subjek yang diteliti mengalami perubahan dalam kedisiplinan belajarnya sebelum dan sesudah subjek melakukan proses konseling (menurut kajian terdahulu). Berdasarkan hasil penelitian terdahulu ini dapat disimpulkan bahwa konseling dengan menggunakan teknik self management dinyatakan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan pada siswa SMA.

 

Kata Kunci: Self-management, Kedidiplinan belajar

References

Asim, T. M. (2016). Pengaruh Bimbingan Manajemen Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 105-112.

Febrianti, R. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknikself Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas Xi Administrasi Perkantoran Bandara Di Smk Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung. Ta 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Isnaini, F. (2014). Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar

Maknun, F. H., Erwin, A., & Zarkasih, C. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar. Jurnal Consulenza: Bimbingan Konseling dan Psikologi Volume. 1 (2)

Megantari, N. P., Antari, N. N. M., & Dates, N. (2014). Penerapan Konseling Bahavioral Dengan Strategi Self Management untuk Meningkatakan Disiplin Belajar Siswa Kelas X Mia-4 SMA Negeri 3 Singaraja. Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 (1)

Purnomosari, W. (2018). Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Sawangan Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Rahmawati, G. A. (2019). Efektifitas Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X TPM SMK Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2019-01-21