PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI PADA MAHASISWA

Authors

  • Hanah Pratini IKIP Siliwangi
  • Aini Nur Afifah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i2.4506

Abstract

Solution Focused Brief Counseling (SFBT) didasarkan pada asumsi optimis bahwa orang yang sehat dan kompeten memiliki kemampuan untuk membangun solusi yang dapat meningkatkan kehidupan mereka. Ini berarti bahwa SFBT berfokus membicarakan bagaimana mencari solusi daripada membicaraan tentang permasalahan, salah satunya dapat mengatasi perilaku prokrastinasi yang sering dilakukan oleh mahasiswa. Pendekatan SFBT ini memberikan kesempatan secara mandiri kepada konseli untuk belajar menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi, dalam hal ini antara konselor dan konseli tidak ada yang lebih dominan, tetapi bersama-sama mencari solusi untuk permasalahan konseli agar tercapainya tujuan yang di inginkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, serta dengan melihat jurnal-jurnal dan artikel yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan SFBT ini sangat efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi pada mahasiswa, karena pendekatan ini telah di uji coba pada beberapa penelitian dan hasilnya ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan SFBT ini terhadap perilaku prokrastinasi. 

 

Kata Kunci: Perilaku Prokrastinasi, Solution Focused Brief Counseling (SFBT)

References

Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2011). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur Vol 1 No. 2.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi 2 (2), 123-132.

Fernando, F. & Rahman, I. K. (2016). Konsep Bimbingan Dan Konseling Islam Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Membantu Menyembuhkan Perilaku Prokrastinasi Mahasiswa. Jurnal Edukasi, Vol. 2(2), hlm. 215-236.

Fernando, F. & Rahman, I. K. (2018). Efektifitas Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Islami Guna Meningkatkan Regulasi Diri Mahasiswa Yang Mengalami Prokrastinasi. Journal Of Innovative Counseling, Vol. 2(2), hlm. 16-31.

Fernando, F. (2017). Efektifitas Bimbingan Dan Konseling Islam Solution Focus Brief Theraphy (SFBT) Guna Meningkatkan Regulasi Diri Mahasiswa Prokrastinasi Di STAIS Majenang (Tesis Tidak Terpublikasi). Pascasarjana Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

Julita, F. S., Syarafuddin, H. M. & Muzanni, A. (2018). Pengaruh Konseling Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Terhadap Kontrol Diri Siswa Kelas VIII Di Smpn 6 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Realita, Vol. 3(5), hlm. 517-524.

Kurniawan, D. E. & Suminar, Y. A. (2019). Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Konseling Andi Matappa. Vol. 2(2), hlm. 85-97.

Kusumawide, K. T. (2019). Keefektifan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling 9 (2) 89-102.

Mulawarman, M. (2010). Penerapan Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Meningkatkan Harga Diri (Self-Esteem) Siswa SMA (Tesis Tidak Terpublikasi). Pascasarjana UM.

Pratiwi, M. A., & Nuyono M. (2014). Penerapan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas XI Bahasa SMA Al-Islam Krian. Jurnal BK Volume 04 Nomor 03, 1 – 7

Puspitasari, P., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal Bimbingan dan Konseling UNESA Vol 8 No. 2.

Putro, H. E. & Sugiharto, D. Y. P. (2016). Model Konseling Kelompok Teknik Self Regulated Learning Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol.5(1), hlm. 15-22.

Santosa, P. (2015). Metode Penelitian Sastra. (researchgate.net) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Saputra, R., Purwanto, E. & Awalya (2017). Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Dan Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Prokrastinasi. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol.6(1), hlm. 84-89.

Sumarwiyah., Zamroni, E., & Hidayati R. (2015). Solution Focused Brief Counseling (Sfbc): Alternatif Pendekatan Dalam Konseling Keluarga. Jurnal Konseling GUSIJAGANG Vol. 1 No. 2, ISSN 2460-1187.

Sundari, R. (2017). Efektifitas Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Extinction Untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Skripsi Tidak Terpublikasi). Serjana Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung.

Syahrul, A. R., & Musrifa, A. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa yentang Iklim Sekolah dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMANN 1 Pariangan. Journal of Economic and Economic Education Vol.4 No.2 (227-232).

Downloads

Published

2018-03-12