LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK SISWA YANG MEMILIKI SELF-EFFICACY RENDAH

Authors

  • Nur rahmani IKIP Siliwangi
  • Tita Rosita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.4665

Abstract

Bimbingan pribadi-sosial merupakan salah satu pilihan layanan dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk siswa dalam membantu menentukan dan mengembangkan dirinya secara optimal dan mandiri sesuai dengan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi-sosial untuk anak yang memiliki self-efficacyrendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial di MTs YPIA Cikeris terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tindak lanjut. Bentuk layanan bimbingan pribadi-sosial untuk mengembangkan self-efficacy yang rendah yaitu dengan metode bimbingan tidak langsung dan metode bimbingan langsung adapun materi yang disampaikannya yaitu motivasi, percaya diri, harga diri, penyesain diri dan mengontrol emosi. Hasil penelitian menunjukan siswa yang memiliki self-efficacyrendah perlahan dapat menentukan dan mengembangkan kemampuan dirinya dalam lingkungan sosialnya di sekolah. 

Kata Kunci: Bimbingan Pribadi-Sosial, Self-efficacy.

References

Alsa, Asmadi. (2014). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Depok: Pustaka Pelajar.

A.Tangkeallo Gloria, Rijanto Purbojo, Kartika S. Sitorus. (2014). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi. (online). Volume.10 No.1. 2014

Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Self Efficacy Siswa Terhadap Pembelajaran. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(1), 16-23.

Hanum, Atifah. (2018). Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Self-Efficacy Siswa Dan Implikasinya Pada Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Al Isyraq. (Online) Volume.1 No. 1 2018

Hardi Santosa. (2013). Program Bimbingan Dan Konseling Pribadi-Sosial Untuk Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling “Psikopedagogiaâ€. (Online). Volume.2 No 1. 2013

Marliani, Rosleny. 2016. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mukhid, Abd. (2009). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Tadris. (online). Volume.4 No.1 2009

Prayitno dan Amti, E. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-05-28