PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI

Authors

  • Tsalistiani Rachmaatillah IKIP Siliwangi
  • Siti Fatimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i1.66

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia terutama pada masa remaja. Remaja sering mengalaminya disebabkan karena mengalami proses pubertas yang belum mencapai tahap proporsional, sehingga harus segera ditangani.  Rasa tidak percaya diri diwujudkan dengan menganggap dirinya “aneh†misalnya karena fisiknya tidak sesuai dengan yang diharapkan, kurang bersosialisai dengan teman sebayanya, dan sebagainya. Bimbingan pribadi-sosial dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik karena bimbingan tersebut bertujuan untuk dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner terhadap 43 peserta didik. Instrumen pengukurannya terdiri dari 10 item bimbingan pribadi-sosial dan 54 item skala kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan t hitung < t tabel dan nilai signifikansi > 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap peningkatan kepercayaan diri dikarenakan sebesar 81% peserta didik di SMK Al-Wafa Boarding School memiliki kepercayaan diri tinggi sedangkan 19%-nya memiliki kepercayaan diri sedang.

Downloads

Published

2018-01-01