POLEMIK “KIDS ZAMAN NOW” DITINJAU DARI ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL

Authors

  • Ragil Amida Armi IKIP Siliwangi
  • Riska Hidayat IKIP Siliwangi
  • Rima Irmayanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i1.68

Abstract

Maraknya penggabungan bahasa asing dengan bahasa Indonesia dikalangan masyarakat khususnya para remaja, memunculkan paradigma baru terhadap kondisi remaja saat ini. Salah satunya adalah istilah “Kids Jaman Nowâ€. Konteks dari istilah tersebut lebih mengarah pada pergaulan remaja yang negatif. Pergaulan identik dengan interaksi antara individu dengan individu lainnya/ kelompok. Interaksi ini dapat terjalin karena individu memiliki kemampuan untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan sosial. Kemampuan tersebut merupakan bagian dari aspek perkembangan sosial pada remaja. Perkembangan sosial merupakan perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial.

 

Kata Kunci: Remaja, “Kids Jaman Nowâ€, Perkembangan Sosial

References

Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti, dkk. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Musdalifah, M. S. (2007). Perkembangan Sosial Remaja Dalam Kemandirian (Studi Kasus Hambatan Psikologis Dependensi terhadap Orangtua). IQRA’, Vol. 4.

Putra, Y. S. (2017). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 9(18).

Santrock. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup. Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa: Widyasinta Benedictine. Jakarta: Erlangga

Yusuf, S. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung : Rosda Karya. Rumini, S. dan Sundari, S. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Asdi

Mahasatya

Suherman, M. M. (2016). Efektivitas Strategi Permainan dalam Mengembangkan Self-Control Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 194-201.

Downloads

Published

2018-01-01