Comica as A Media for Increasing Language Skills in Class XII Students of SMAN 1 Telukjambe Karawang Academic Year 2021-2022

Authors

  • Permata Yuliastuti IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jler.v5i3.10421

Keywords:

Comic books, Comica, Covid-19, Online Learning, Student Language Competence

Abstract

 

ABSTRACT

Comic books as learning can be made using the Comica application downloaded on the play store and can be done through students' android phones, making it easier for students. Based on this, a research was conducted that aims to describe the learning process through the Comica medium of Indonesian language subjects with job application letter material and to find out student responses to the media at SMA Negeri 1 Telukjambe Barat. As an alternative learning media during the Covid-19 period, the Comica application can be used to train language skills (cognitive, affective, and psychomotor) properly and correctly. The method used is descriptive qualitative with verbal data. The research subjects were 23 students of class XII Mathematics and Natural Sciences 1 Academic Year 2021-2022. Data acquisition is done by observation and questionnaires. The results of this study resulted in learning in the form of comics and showed that Comica media in Indonesian language learning materials for job application letters was well received by students.

 

ABSTRAK

Komik sebagai pembelajaran dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Comica yang diunduh di play store dan dapat dilakukan melalui ponsel android siswa sehingga memudahkan siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui media Comica mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi surat lamaran kerja dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media tersebut di SMA Negeri 1 Telukjambe Barat. Sebagai media pembelajaran alternatif di masa Covid-19, aplikasi Comica dapat digunakan untuk melatih kemampuan berbahasa (kognitif, afektif, dan psikomotorik) dengan baik dan benar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data verbal. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas XII MIPA 1 Tahun Pelajaran 2021-2022. Perolehan data dilakukan dengan observasi dan angket. Hasil penelitian ini menghasilkan pembelajaran dalam bentuk komik dan menunjukkan bahwa media Comica pada materi pembelajaran bahasa Indonesia surat lamaran kerja diterima dengan baik oleh siswa. Responden menyatakan bahwa Comica dapat dengan mudah membantu meningkatkan kemampuan berbahasa.

References

Ambaryani, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar . Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1).

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

_________.Arti kata - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.). https://www.kbbi.web.id.

Febriandari, E. I. (2016). Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Model Round Table Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 297-303.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Perelitian Kualitatif. Jakarta: https://rumahedupc.blogspot.com/2021/10/.

Prasetyo, A. (2012). Pengembangan Media Komik Bermuatan Gender dalam Peningkatan Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar Tingkat Tinggi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pusdiklat, K. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9). Jakarta: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id.

Ummul Barokahhuda, R. S. (2021). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Manga pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI SMA. Barokahhuda.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi . Journal of Innovative Science Education.

Downloads

Published

2022-09-08