ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.10217Keywords:
Error Analysis, Newman, Straight Line EquationAbstract
References
Cahyanti, N. Pu. V. C. P., Wena, I. M., & Payadnya, I. putu A. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Uraian Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 2613–9677. http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33316
Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35–44. https://core.ac.uk/download/pdf/327233513.pdf
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 2(1), 107–115. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis. Jurnal PARADIKMA, 8(1l), 37–51. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1368
Kurniasari, Y., Sugandi, A. I., & Sariningsih, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Kuadrat Berdasarkan Prosedur Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1561–1568. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%25p
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634
Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, & Nusantara, T. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. Penddikan Sains Dan Matematia, 8(2), 43–56. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993–1004. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1870
Novitasari, Z. D., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa pada Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 957–964. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25p
Pertiwi, C. M., Jayanti, R. A., & Afrilianto, M. (2018). Asosiasi Antara Kemampuan Generalisasi Matematik Dengan Self-Concept Siswa SMP Yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis VBA Microsoft Excel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 371–382. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.371-382
Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada Topik Persamaan Garis Lurus [ The Implementation of Drill Method to Increase Mathematical Communication Skills of Grade 8 Students in Linear Equations Topics at SMP Lentera Way Pangubuan]. Jurnal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135–149. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v1i2.867
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26050/18266
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas Vii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135–1142. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142
Sari, I. P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 39–46. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1569
Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri Ditinjau dari Gender Berdasarkan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 463–474. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25p
Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447
Umam, K., Suryawati, S., & Septiana, E. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2
Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113. http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2 Juli.2663