MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10235Keywords:
PBL, Mathematics Learning Outcomes, Group DiscussionAbstract
References
Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120–127..
Fitra, Y., & Yenni, S. . (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.
Husna. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Program Linier Siswa di Kelas X Marketing 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Serambi Ilmu. 29(2), 77–83.
Husna, H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Program Linier Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 18(2), 77–83
Juliandri, & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD, 7(2), 21–27.
Kurnia, U. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Modul Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 5 Padang. In Pillar Of Physics Education, 6(2), 1–8
Prayitno, S., & Muttaqien, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Edukasi, 4(2), 43–54
Riswati, Alpusari, & Marhadi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 40–47
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1135–1142
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.
Sumitro, Setyosari, & Sumarmi. 2017. Kualitas Pembelajaran IPS dalam Penerapan Model Problem-Based Learning. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016, 1–5
Widayanti, R., & Dwi Nur, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. In Mathema Journal E-ISSN, 2(1), 12–23
Wulandari. (2012). Penerapan Model PBL (Problem-Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 2(1), 1–6