PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.12659Keywords:
Intrapersonal Intelligence, Understanding Mathematical ConceptsAbstract
References
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Armstrong, T. (2013). Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas (3rd ed.). Jakarta: Indeks.
Firdaus, I. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIS REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 983–994. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.983-994
Jayanti, A., Hernaeny, U., & Rasyid, H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kreativitas Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Diskusi Panel Nasional …, (58), 273–280.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Mahmud, N., & Samsul. (2016). PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA SMA NEGERI 3 MAJENE. Prosidng Seminar Dan Poster Ilmiah FDI DPD -Sulbar, 115–125.
Martunis, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Pembelajaran Generatif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 75–84.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
May, L., & Sujana, C. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan : Petunjuk Praktis bagi Guru Masyarakat Umum dan Orang Tua. Jakarta: Indeks.
Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 639–648. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648
Qudsiyah, K. (2021). PEMAHAMAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LOGIKA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI PACITAN. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas Tahun 2021, 6, 238–243.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Utami, A. D. (2012). Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach Improving Intrapersonal Intelligence and Interpersonal. Jurnal Ilmiah Visi, 7(2), 138–152.
Zefanya, F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 135–144. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2772
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.