MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SUKASARI CIMAHI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Authors

  • Aini Fatwa Rahma IKIP Siliwangi
  • Chandra Novtiar IKIP Siliwangi
  • Asep Ikin Sugandi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p139-144

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif matematis, sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), pendekatan open-ended

Abstract

Pembelajaran matematika di setiap tingkat pendidikan lebih berorientasi pada peningkatan kecerdasan siswa dibanding perkembangan kreativitas siswa. Bagi siswa terkadang hasil belajar lebih penting dibandingkan proses saat mereka belajar. Sehingga, siswa lebih mementingkan nilai daripada ilmu yang mereka dapatkan. Dalam pembelajaran matematika di MTs Negeri Sukasari Cimahi, mengenai materi SPLDV, siswa kelas VIII G merasa kesulitan dalam: 1) memahami informasi pada soal cerita SPLDV, dan 2) mengingat dan mengaplikasikan metode-metode penyelesain pada soal SPLDV. Pendekatan open-ended digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran agar terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sebelum dimulai tindakan dilakukan tes awal kepada siswa, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan siklus I dan siklus II yang menggunakan pendekatan open-ended. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada hasil tes awal tidak ada siswa yang nilainya melebihi KKM, pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 30,6%, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 47,2%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Negeri Sukasari Cimahi dapat ditingkatkan melalui pendekatan open-ended.

References

Eminingsih. (2013). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Batangâ€. Lembar Ilmu Kependidikan, Volume 42, Nomor 1, April 2013.

Hamzah. (2000). Pembelajaran Matematika I. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriana, H, dan Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung : Rafika Aditama.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Nuryadi. (2014). “Pendekatan Open-Endedâ€. Dosen Pendidikan Matematika UMB-Yogyakarta.

Sawada, T. (1997). Developing Lesson Plans.dalam J. P. Becker dan S. Shimada(ed) The Open-Ended Approach: a New Proposal for Teaching Mathematics. NCTM.

Shimada, S. (1997). The Significance of an Open-Ended Approach. Dalam J. P. Becker & S. Shimada (Ed.). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics.

Supardi (2012). “Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematikaâ€. Jurnal Formatif 2(3): 248-262.

Downloads

Published

2018-04-19

Issue

Section

Articles