Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau

Authors

  • Riski Amanda Putri UNPARI Lubuklinggau
  • Aren Frima UNPARI Lubuklinggau
  • Elya Rosalina UNPARI Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.10958

Keywords:

Model Kooperatif, Snowball Throwing, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 42 siswa. Sampel yang diambil yaitu kelas IV.A yang berjumlah 22 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes dalam bentuk Essay. Data yang dikumpulkan setelah analisis dengan menggunakan uji-t satu sampel pada taraf signifikan =0,05 diperoleh = 2,59 = 1,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,86.

References

Ahmadi, R. (2015). Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdayama, J. (2016). Metodelogi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mahendra, M. & Kusuma, A, E, N. (2018). Penggunaan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Dikdas Bantara, 1.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran, Cet: 1, Yogyakarta: Aswaja Prasindo.

Nurhaedah dan amran. (2017). ). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Mapala Kota Makassar. (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol.1 No.1 e-ISSN:2597-4440 dan p-ISSN:2597-4424). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar statistika, Bandung: Alfabeta CV.

Rohman, F, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Rusman. (2011). Model–model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalsme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Sapriya. (2015). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Cet: 2, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simartama. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kartika 1-1. ESJ, 6.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA CV.

Sulistyowati, P. & Yasa, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Cemoro Kandang Malang: Edide Infografika.

Suprihatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulandari, M. A., Senen, A., Wardani, D. S., & Kelana, J. B. (2022). Local Wisdom-Based Movable Book as A Teaching Material to Enhance Nationalism in the 21st Century. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 57–68. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i1.202205

Zaini, Munthe, dan A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : Pustaka Insan madani.

Additional Files

Published

2022-12-15

How to Cite

Putri, R. A., Frima, A., & Rosalina, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 124–132. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.10958

Issue

Section

Articles